Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi menggandeng Universitas Padjajaran (Unpad) dalam upaya mengembangkan sektor pertanian di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Kerja sama antara Pemkab Sukabumi dengan Unpad ini tujuannya untuk memajukan dunia pertanian di daerah kami ini," kata Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri usai menerima kunjungan Guru Besar Unpad Profesor Agung Karuniawan di Pendopo Kabupaten Sukabumi pada Senin, (16/1).

Menurut Iyos, seperti diketahui Kabupaten Sukabumi mempunyai lahan pertanian yang luas dan tentunya potensi ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin khususnya untuk menjaga ketersediaan pangan berkelanjutan.

Baca juga: Pemkab Sukabumi fasilitasi kaum muda jadi wirausahawan di sektor pertanian

Dengan adanya kerjasama ini diharapkan hasil produk pertanian dari kabupaten yang memiliki garis pantai sepanjang 117 km tersebut meningkat baik dari sisi kualitas maupun kuantitas.

Selain itu, pihaknya pun menginginkan terciptanya hasil pertanian unggulan dan khas Kabupaten Sukabumi, seperti menciptakan benih berkualitas yang memiliki produktivitas tinggi. Ia pun optimistis kolaborasi antara Pemkab Sukabumi dengan Unpad bisa membantu memajukan sektor pertanian serta potensi alam lainnya.

"Tidak hanya pada sektor pertanian, kami pun berharap dengan adanya kerjasama ini juga bisa mengembangkan sekaligus memajukan sektor perikanan, peternakan, perkebunan hingga pariwisata," tambahnya.

Baca juga: DKP3 Kota Sukabumi ajak kaum muda manfaatkan pekarangan untuk pertanian

 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023