Wakil Wali Kota Depok, Jawa Barat, Imam Budi Hartono meminta Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok agar melahirkan inovasi baru, terutama dalam misi kemanusiaan sehingga penanganan masalah kemanusiaan dapat dengan cepat bisa teratasi.

"Saya mengharapkan ada inovasi yang bisa dilahirkan dari PMI,” kata Imam Budi Hartono dalam acara Musyawarah Kerja Kota (Mukerkot) PMI Kota Depok, Kamis.

Imam Budi mengatakan ke depan PMI bisa fokus atau ikut melibatkan lansia dan disabilitas dalam misi kemanusiaan. Misalnya, dengan menciptakan gelang identitas yang terdapat barcode di dalamnya.

Baca juga: PMI Depok tetapkan lima agenda terstruktur dan jadi fokus pada 2023
Baca juga: Relawan PMI Depok siaga 24 jam melayani masyarakat selama libur Natal dan tahun baru

"Kita tahu bahwa lansia mengalami daya ingat yang menurun, sehingga jika mereka menggunakan gelang identitas, maka sangat mudah ditemukan jika bepergian, termasuk penyandang disabilitas," ujarnya.

Untuk itu, PMI diharapkan dapat mewujudkan inovasi ini, tentunya bekerja sama dengan universitas dan dinas terkait yaitu Dinas Sosial.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Depok Dudi Mi’raz akan membahas bersama pengurus PMI Kota Depok. Masukan ini dinilai baik dan bisa menjadi misi kemanusiaan yang berpihak pada lansia dan penyandang disabilitas.

"Kami catat dan akan kami bahas. Masukan ini sangat baik karena pada kenyataannya lansia mengalami penurunan daya ingat. Mudah-mudahan bisa terealisasi," katanya.

Baca juga: PMI Depok kirim enam relawan bantu proses evakuasi korban gempa di Cianjur

PMI Kota Depok menetapkan lima program agenda terstruktur dalam melaksanakan tugas tahun 2023.

"Ada lima program yang menjadi fokus kami yang masing-masing bidang memiliki program prioritas yang harus diselesaikan tahun 2023," katanya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023