Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melantik 150 petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada pemilu 2024, di salah satu hotel di wilayah Telukjambe Timur, Kamis.

"Mereka (para anggota PPK) yang dilantik ini akan bertugas sebagai penyelenggara pemilu hingga 15 bulan ke depan," kata Ketua KPU Karawang Miftah Farid, di Karawang, Rabu.

Ia mengatakan sebanyak 150 PPK yang dilantik itu adalah peserta terbaik yang terpilih menjadi PPK di 30 kecamatan sekitar Karawang.

Baca juga: 444 calon anggota PPK Pemilu 2024 lulus tes tulis di Karawang

Masing-masing kecamatan di Karawang berjumlah lima orang anggota PPK.

"Setelah melalui proses seleksi yang ketat, mulai dari Computer Assesment Test (CAT) hingga wawancara, terpilih 150 petugas PPK terbaik," kata dia.

PPK merupakan lembaga adhoc KPU yang bertugas menyelenggarakan pemilihan di tingkat kecamatan.

"Tugas berat sudah menanti. Selama 15 bulan ke depan PPK akan ikut melaksanakan proses tahapan pemilu," kata Farid.

Baca juga: 698 calon PPK Pemilu 2024 di Karawang mulai jalani tes

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana yang hadir dalam kegiatan pelantikan anggota PPK itu menyebutkan kalau seleksi PPK tahun ini menyedot animo masyarakat.

"Peserta yang mendaftar jumlahnya 1.200 lebih. Artinya sosialisasi yang dilakukan oleh KPU sukses dan berhasil. Dan yang dilantik hari ini adalah yang terbaik," kata bupati.

Cellica berpesan agar sebagai penyelenggara pemilu harus menjaga netralitas dan integritas, penting bagi PPK agar independen. Namun tetap berkomunikasi dengan semua pihak untuk kelancaran tugas.

Baca juga: KPU Karawang terima 1.302 orang pendaftar calon anggota PPK Pemilu 2024

"Setelah dilantik ada beberapa PR, terutama bagi Pemda Karawang perihal keterisian jabatan camat dan sekcam di beberapa daerah. Insya Allah, secepatnya bisa terisi untuk ikut membantu percepatan tupoksi PPK," kata Bupati.

Pemkab Karawang, katanya, siap bersinergi dengan KPU Karawang dalam menyukseskan pemilu serentak, baik secara teknis maupun penganggaran.*

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023