Himpunan Mahasiswa Departemen Biologi dan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (UI) menggelar edukasi mengenai hidroponik bagi anak-anak dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Panti Daarul Ma'wa, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat.

Ketua Himpunan Mahasiswa Departemen Biologi dan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UI Edwin Arga sebagaimana dikutip dalam siaran pers universitas di Depok, Senin, mengatakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk Kukayur atau Aku Suka Sayur ditujukan untuk memperkenalkan metode bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah guna memenuhi kebutuhan sayur yang bebas dari cemaran zat berbahaya.

Kegiatan edukasi mengenai hidroponik diikuti oleh 22 anak panti. Selain mempelajari metode hidroponik, mereka menerima paparan materi mengenai kandungan nutrisi dan manfaat sayur bagi tubuh.

Baca juga: UI luncurkan program kegiatan pengabdian masyarakat di berbagai daerah
Baca juga: FKG UI lakukan pengabdian masyarakat di Manggarai Barat NTT

Dalam kegiatan itu, tim yang diketuai oleh Firliani Nabila dan dibimbing oleh dosen Biologi UI Afiatry Putrika, M. Si. melakukan presentasi dan pemutaran video mengenai praktik bercocok tanam menggunakan metode hidroponik.

Firliani Nabila berharap anak-anak mendapat gambaran dan dapat merasakan langsung pengalaman bercocok tanam dengan metode hidroponik dalam kegiatan edukasi tersebut.

Kegiatan edukasi bagi anak panti juga mencakup penelitian kecil. Anak-anak panti diminta mengamati sayuran yang telah mereka tanam selama satu bulan.

Baca juga: Tim Pengabdian Masyarakat FIK UI kolaborasi optimalkan Program Indonesia Sehat

Mereka diminta mengukur dan mencatat tinggi, jumlah daun, dan warna daun tanaman yang mereka tanam serta menuliskan pengalaman mereka merawat tanaman.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022