Bogor (Antara Megapolitan) - Perusahaan ternak ayam nasional PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk meluncurkan program bedah kandang dalam rangka mengoptimalkan kandang ayam broiler peternak.

"Tahap awal program bedah kandang ini kami laksanakan di Kabupaten Bogor, total ada 100 kandang ayam broiler yang kami bedah," kata General Manager Customer Care PT Charoen Pokhpand Indonesia Tbk Hamam Wahyu Triwibowo di Bogor, Rabu.

Ia menjelaskan program ini memberikan bantuan kepada peternak berupa bimbingan teknis serta peralatan peternakan (poultry equipment) untuk memperbaiki atau mengoptimalkan fungsi dari kandang yang dimiliki para peternak. "Sasaran kami adalah peternak kelas bawah," katanya.

Bantuan peralatan yang diberikan lanjutnya, berupa tempat pakan, tempat minum otomatis, pemanas gasolec, kipas atau tirai. Peralatan tersebut diberikan setelah tim dari PT CPI melakukan verifikasi terhadap kandang peternak yang akan menerima bantuan.

"Proses kerja keseluruhannya berlangsung selama sepekan," katanya.

Ia mengatakan, setelah proses pemasangan peralatan selesai, tim customer care and technical service PT CPI tetap melakukan pemantauan hasil dari kandang para peternak selama dua periode secara intensif.

Melalui bimbingan teknis dan optimalisasi kandang tersebut, lanjutnya, diharapkan hasil yang diperoleh peternak juga akan terus meningkat.

"Sehingga bisa terus berusaha untuk jangka waktu panjang secara mandiri, tanpa terus bergantung pada pihak lain," katanya.

Akhir dari program ini lanjutnya, diharapkan tingkat kesejahteraan peternak juga akan semakin meningkat seiring dengan peningkatan hasil produksi peternakannya.

Program tersebut akan dievaluasi apabila memberikan dampak yang sangat bagus akan terus dilaksanakan setiap tahunnya dengan sasaran lebih luas lagi.

Hamam menambahkan, melalui program bedah kandang bagi peternak PT CPI dapat berperan serta untuk mampu melindungi dan menyejahterakan pelaku utama di bidang industri pangan, yakni peternak ayam pedaging.

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor Siti Farikah menyebutkan, program tersebut sangat dibutuhkan sekali. Mengingat banyak peternak yang memiliki kandang dengan kondisi tidak memenuhi kebutuhan bagi ayam.

Menurutnya, di Kabupaten Bogor terdapat lebih dari seribu peternak kelas bawah yang membutuhkan program bedah kandang. Ia berharap program tersebut dalam berkelanjutan dan diperluas jangkauannya untuk peternak.

"Kabupaten Bogor salah satu pemasok daging ayam untuk nasional, kondisinya peternakan kita masih banyak kelas bawah. Program ini sangat membantu kita mendorong produksi ayam, dan meningkatkan kesejahteraan peternak," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016