Purwakarta (Antara Megapolitan) - Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengaku bangga karena sate maranggi khas Purwakarta menjadi menu buka puasa bersama pimpinan anggota DPR dan Presiden Joko Widodo di rumah dinas Ketua DPR Ade Komarudin.

"Sate maranggi masuk daftar menu yang disajikan buka bersama para pimpinan DPR dan bapak presiden. Saya bangga sekali, apalagi pesan sate marangginya langsung ke saya," katanya, di Purwakarta, Senin.

Menurut dia, sate maranggi termasuk satu dari menu yang disajikan dalam acara buka bersama pemimpin DPR dan Presiden beserta sejumlah menteri.

Dedi mengaku mendapat pesanan menu berbuka puasa itu langsung dari Ketua DPR Ade Komarudin. Karena sate maranggi pesanan tersebut, dia berangkat dari Purwakarta, Jawa Barat, langsung menuju rumah dinas Ketua DPR Ade Komarudin di Jakarta.

"Saya hanya mengantarkan sate maranggi pesanan untuk acara buka bersama Presiden Joko Widodo dan Ketua DPR RI Ade Komarudin serta pemimpin DPR," katanya.

Sate maranggi itu sendiri merupakan ikon kuliner Purwakarta, yang menurut Dedi, makanan favorit Presiden Joko Widodo. Sate maranggi itu sudah dipatenkan sebagai produk kuliner khas Purwakarta.

Menu maranggi merupakan lauk-pauk tradisional yang bisa langsung dimakan. Sate maranggi ini berbahan dasar daging kambing atau sapi yang dilumuri kecap sambal.

Presiden Joko Widodo sebelumnya sudah pernah menyajikan sate maranggi sebagai sajian kenegaraan. Tepatnya pada Mei 2016, saat menyambut para tamu-tamu investor Korea Selatan. 

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : M.Ali Khumaini


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016