Bekasi, (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat bekerja sama dengan PT Berdikari (Persero) menggelar operasi pasar dengan menjual daging murah di lokasi.

"Daerah yang ditunjuk antara lain komplek Pemkab, Kecamatan Tambun Selatan, Cikarang Utara, dan Cikarang Festival (Cifest) ISPI atau Perumahan Vila Mutiara Gading di Jalan Raya Cikarang-Cibarusah," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Dinas Peternakan, Perikanan, dan Kelautan Kabupaten Bekasi Asep Ajid di Kabupaten Bekasi, Sabtu.

Menurut dia, pelaksananaan kegiatan operasi pasar daging murah ini sudah dilakukan untuk kedua kalinya.

Dalam kegiatan ini, panitia menjual 2,7 ton daging segar dan dibagi menjadi tiga harga berbeda antara lain untuk paha belakang Rp90.000 per kilogram.

Sedangkan untuk daging paha depan Rp80.000 per kilogram. PT Berdikari pun menjual tulang untuk kebutuhan sayur sop dengan harga Rp55.000 serta tulang iga Rp85.000 per kilogram.

Ia menambahkan warga hanya diperbolehkan membeli dua kilogram saja agar makin banyak warga yang membeli daging murah.

Harga dagin sapi untuk saat ini yang ada di pasar-pasar tradisional sudah mencapai Rp140.000 per kilogram.

Sementara itu, koordinator lapangan operasi pasar PT Berdikari Agus Mukti mengatakan dalam kegiatan ini hanya sebagai penyedia daging.

Operasi pasar ini dilakukan berdasarkan permintaan pemerintah tiap daerah untuk membantu menurunkan harga yang terjadi di pasaran.

"Dengan cara seperti ini diharapkan mampu memengaruhi harga di pasar-pasar tradisional," katanya.

Untuk itu masyarakat yang selama ini kesulitan membeli daging karena harganya tengah tinggi dapat membeli daging dengan harga lebih murah, ujarnya.

Ia menambahkan kegiatan ini mendapat penilaian positif dari warga dikarenakan penekanan harga ini sesuai dengan amanat dari pemerintah pusat yakni menurunkan harga daging sebelum Lebaran 2016.

Pewarta: Mayolus Fajar D

Editor : Andi Firdaus


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016