Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika melepas puluhan kelompok masyarakat yang tergabung dalam Komunitas Bela Purwakarta ke Cianjur untuk menyalurkan berbagai jenis bantuan kepada korban gempa.

"Ada berbagai jenis bantuan yang disalurkan untuk korban gempa di Cianjur," kata Bupati, di Purwakarta, Kamis.

Ia menyampaikan, bantuan yang disalurkan antara lain sembako, pakaian dan kebutuhan lainnya. Komunitas tersebut juga berhasil mengumpulkan puluhan juta uang dari para donasi.

Bupati mengapresiasi setinggi-tingginya dan mengucapkan terima kasih atas kepedulian dari seluruh Komunitas Bela Purwakarta yang telah membantu masyarakat yang terkena musibah gempa di Cianjur.

Baca juga: Jawa Barat klarifikasi 23 dari 59 aduan hoaks terkait gempa Cianjur
Baca juga: Badan Geologi beri rekomendasi ini pada warga Cianjur saat akan membangun rumah

Komunitas Bela Purwakarta ini juga mengerahkan bantuan berupa kendaraan roda dua (motor trail) sebanyak 6 unit untuk sarana distribusi bantuan di lokasi bencana.

"Kita juga mengirimkan tenaga kesehatan ke Kecamatan Maniis karena terdapat masyarakat Cianjur yang mengalami luka ringan kemudian mengungsi kepada sanak saudaranya di Maniis sebanyak 42 Kepala Keluarga atau 160 jiwa," kata Anne.

Menurut dia, di Kecamatan Maniis yang berbatasan dengan Kabupaten  Cianjur sudah terdapat beberapa Puskesmas, namun jika masih terdapat kekurangan fasilitas kesehatan, akan dibantu dengan fasilitas di Saung Ambu yang berada di Cirama Hilir.

Baca juga: Desa Ciputri terapkan pola baru penyaluran bantuan ke warga terdampak gempa Cianjur

Selain itu, Dinas Kesehatan Purwakarta juga mengirimkan beberapa tenaga kesehatan termasuk persiapan obat obatan.

Sementara dari Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta melalui IGTKI mengirimkan 100 paket alat tulis dan menggambar untuk anak-anak korban bencana di Cianjur.

Bupati Purwakarta juga menegaskan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta akan terus berupaya dan bersinergi dengan seluruh stakeholder untuk membantu korban bencana gempa bumi di Cianjur. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022