Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi di Provinsi Jawa Barat mengirimkan bantuan bagi warga yang terdampak banjir rob di wilayah Kecamatan Muaragembong.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi Muchlis di Bekasi, Minggu, mengatakan bahwa bantuan yang telah dikirim untuk warga yang terdampak banjir rob di Kecamatan Muaragembong meliputi 20 dus sembako, 15 dus air mineral, 4.000 masker, serta 1.000 karung.

"Sesuai arahan Pak Bupati, kita langsung turun ke lokasi bencana setelah mendapat laporan adanya banjir rob akibat naiknya permukaan air laut," katanya.

Baca juga: Banjir masih rendam rumah warga Muaragembong Bekasi (video)

Menurut dia, BPBD Kabupaten Bekasi juga menyiapkan bantuan berupa mi instan dan air mineral serta 500 batang bambu dan bronjong yang akan segera dikirim ke Muaragembong.

Ia mengatakan bahwa bantuan dari BPBD disalurkan ke lima desa yang terdampak banjir rob, yaitu Desa Pantai Mekar, Pantai Bahagia, Pantai Bakti, Pantai Sederhana, dan Pantai Harapan Jaya.

"Lima desa terdampak banjir rob itu saat ini masih tergenang air dengan ketinggian 20 sampai 50 sentimeter," katanya.

Baca juga: PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi bantu korban banjir Babelan dan Muaragembong

BPBD Kabupaten Bekasi berkoordinasi dengan tim desa tanggap bencana (Destana) dan Forum Penanggulangan Risiko Bencana (FPRB) setempat dalam membantu penanganan dampak banjir rob.

"BPBD bersama Destana dan FPRB juga melakukan pendataan wilayah dan keluarga yang terdampak banjir rob," kata Muchlis.

Muchlis mengimbau warga yang tinggal di daerah rawan bencana meningkatkan kewaspadaan serta berperan aktif dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana alam.

Baca juga: Banjir akibatkan 500 keluarga di Muaragembong Bekasi terisolasi

"Kami dari BPBD tidak akan mampu jika bekerja sendiri, terlebih tim kita saat ini juga sudah terbagi. Sebagian personel sedang di Cianjur untuk membantu saudara-saudara kita di sana. Kita dirikan posko juga di Cianjur. Kontribusi warga sangat dibutuhkan untuk meminimalisir dampak bencana," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022