Pelaksana tugas Wali Kota Bekasi Tri Adhianto membagikan bantuan 50.000 bibit ikan lele sekaligus satu ton pakan lele yang bersumber dari anggaran pemerintah daerah kepada enam kelompok tani di Perum Kodam, Kecamatan Mustikajaya.

Dalam kesempatan itu Tri mengatakan bantuan ini dalam rangka memberikan motivasi kepada kelompok tani serta pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar lebih semangat untuk budi daya.

"Segala bentuk bantuan yang Pemkot berikan kepada masyarakat dalam rangka merangsang para pelaku UMKM untuk lebih aktif lagi, lebih giat, lebih semangat lagi dalam melakukan budi daya," katanya di Bekasi, Kamis.

Baca juga: Konsumsi ikan warga Kota Bekasi capai 22 kuintal sehari

Dirinya berharap budi daya yang semakin masif bisa membantu realisasi program gemar makan ikan khususnya bagi ibu hamil dan balita agar terhindar dari penyakit gagal tumbuh kembang atau stunting.

"Harapan saya, bisa mencukupi ketersediaan stok ikan di pasaran serta membantu menjalankan program gemar makan ikan pada ibu hamil dan balita agar si janin dan balita terhindar dari stunting," katanya.

Menurut dia program penyaluran bibit dan pakan ini juga bertujuan untuk menekan angka inflasi melalui pemberdayaan kelompok tani serta para pelaku UMKM yang ada di Kota Bekasi.

Baca juga: Pemkot Bekasi Perlombakan Makanan Khas Daerah

Melalui budi daya ternak lele ini, para kelompok tani diharapkan mampu menghasilkan panen secara optimal untuk dijual ke pelaku UMKM yang selanjutnya didistribusikan kepada konsumen.

"Jadi roda perekonomian berputar, ini salah satu upaya pemberdayaan masyarakat di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu saat ini," katanya.

Perwakilan kelompok tani budi daya ikan lele Sarman menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kota Bekasi atas bantuan yang dialokasikan.

"Semoga program ini dapat terus berjalan sehingga dapat membantu para UMKM di bidang pertanian dan budi daya ikan lele untuk lebih maju lagi," kata dia.

Baca juga: Pemkot Bekasi arahkan warganya budidaya ikan konsumsi

Penyerahan simbolis bibit dan pakan ikan lele dipimpin Tri Adhianto didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bekasi Herbert Panjaitan, Camat Mustikajaya dan perwakilan kelompok tani budi daya ikan lele setempat.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022