Pemerintah Kabupaten Sukabumi melatih masyarakat Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, untuk menjadi pemandu wisata yang disiapkan selain memandu wisatawan juga mempromosikan dunia pariwisata daerah.
 
"Pelatihan yang diberikan kepada mereka ini untuk menarik minat wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara untuk datang ke berbagai objek wisata di Kabupaten Sukabumi khususnya Palabuhanratu. Adapun pesertanya mulai dari pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga hingga aparatur pemerintahan" kata Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri di Sukabumi, Kamis. 
 
Menurut Iyos, pelatihan ini untuk meningkatkan kapasitas warga hingga aparatur pemerintahan terkait dunia pariwisata di Kabupaten Sukabumi serta lebih mengetahui sejarah sejak zaman megalitikum termasuk peninggalan-peninggalan lainnya yang mempunyai nilai sejarah. 
 
Pengetahuan seperti ini tentunya dibutuhkan oleh para wisatawan yang datang ke Kabupaten Sukabumi, karena mereka datang tidak hanya sebatas untuk berwirausaha saja tetapi juga ingin mengetahui secara dalam terkait informasi dan sejarah khususnya daerah Palabuhanratu. 
 
Apalagi seperti diketahui kecamatan yang masuk dalam kawasan Global Geopark Ciletuh Palabuhanratu mempunyai nilai sejarah terkait terbentuknya Pulau Jawa, sehingga ini bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan. 
 
Selain itu, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian warga Palabuhanratu, karena menjadi pemandu wisata selain turut mempromosikan berbagai objek wisata juga bisa mendapatkan penghasilan. 
 
Kabupaten Sukabumi kekurangan pemandu wisata, maka dari itu diharapkan peserta pelatihan bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik karena pihaknya pun mendatangkan instruktur yang berpengalaman serta ahli dalam bidang pariwisata 
 
Peserta dilatih untuk menuturkan cerita sesuai segmen seperti kepada anak-anak, dewasa dan lainnya. Maka dari itu, program ini pun juga melibatkan pelajar untuk mengikuti pelatihan. 
 
"Peserta pelatihan pun nantinya akan diikutsertakan pada kegiatan City Tour. Kegiatan ini pun akan melibatkan seluruh lapisan masyarakat serta aparatur pemerintahan dari tingkat desa hingga kabupaten," katanya. 
 
Iyos mengatakan warga Palabuhanratu harus bisa mencontoh warga Bali, di mana banyak dari warganya yang menjadi pemandu wisatawan bahkan profesi ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. 
 
Pemandu wisata merupakan garda terdepan pada sektor pariwisata, di mana tugasnya selain memberikan panduan kepada wisatawan mereka pun harus turut mempromosikan lokasi wisata, tempat kuliner hingga oleh-oleh khas daerah.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022