Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyebutkan penguatan profil pelajar Pancasila menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam struktur Kurikulum Merdeka, seperti digulirkan pemerintah pusat.

"Proyek penguatan profil pelajar Pancasila ini bagian tak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka. Proyek ini ialah kegiatan kurikuler berbasis proyek," kata dia saat "Festival Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berkebhinekaan Global" di SMA Negeri 1 Campaka di Purwakarta, Senin.

Ia menyampaikan kegiatan itu dilaksanakan sesuai dengan tema-tema yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Baca juga: Implementasi Kurikulum Merdeka

Dia mengatakan melalui kegiatan tersebut para pelajar memperlihatkan inovasi mereka dalam bentuk suatu festival.

Hal tersebut, katanya, merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Purwakarta, terutama dalam penerapan Kurikulum Merdeka.

"Ini juga merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi anak-anak di Purwakarta. Semoga untuk ke depannya, para pelajar ini dapat menjadi generasi yang mampu menghadapi berbagai macam tantangan secara global," kata Anne.

Baca juga: Ketua PGRI: Kurikulum merdeka untuk perbaiki kualitas SDM

Menurut dia, profil pelajar Pancasila perwujudan pelajar Indonesia yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Terdapat sejumlah poin dalam profil pelajar tersebut, di antaranya beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022