Anggota DPR RI Dedi Mulyadi berinisiatif untuk membuat jembatan di atas sungai yang dilintasi para pelajar sekolah dasar di Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

“Anak-anak Cigarukgak (Kampung Cigarukgak, Desa Sukatani, Kecamatan Sukatani, Purwakarta) harus melewati sawah, areal hutan dan sungai menuju SDN 2 Pasirmunjul,” kata Dedi, dalam sambungan telepon di Purwakarta, Selasa.

Ia mengaku sudah meninjau lokasi secara langsung. Dedi mendapati belasan anak harus menempuh perjalanan cukup panjang hingga harus melewati sungai ke sekolah.

Baca juga: Suami istri ditemukan tinggal gubuk reyot di Purwakarta

Meski terlihat dangkal, tapi sungai yang mereka lewati kerap meluap. Sehingga sewaktu-waktu bisa membahayakan diri mereka.

Jika musim hujan tiba air sungai akan meluap dan banjir. Anak-anak pun terpaksa harus bekerja ekstra agar mereka bisa tetap sekolah.

“Saat sungai banjir mereka harus rela buka baju dan sepatu menyeberangi sungai agar bisa dipakai saat sekolah,” katanya.

Baca juga: Anggota DPR "branding" nasi uduk yang dijual pelajar cantik di Purwakarta
Baca juga: Dedi Mulyadi minta perusahaan proyek KCIC perbaiki rumah rusak akibat pembangunan terowongan

Untuk membantu permasalahan tersebut, Dedi berinisiatif membangun sarana jembatan agar anak-anak ataupun warga bisa melewati sungai dengan mudah.

“Jembatan gantung adalah solusi untuk menyelesaikan problem mereka. Tahun depan segera terwujud,” kata Dedi.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022