Wali Kota Bogor Bima Arya mendukung penggalangan dana bagi anak-anak penderita kanker yang terus meningkat di daerah itu sebagai bentuk perhatian dan dukungan semangat kepada mereka.

Bima Arya saat dikonfirmasi di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin, mengatakan pengalaman beberapa saudara dan keluarganya yang diserang penyakit kanker hingga meninggal dunia membuatnya tidak ingin banyak orang merasakan kepahitan yang sama.

"Kesimpulan dari kondisi yang dihadapi kita tidak pernah tahu dan yang bisa kita lakukan adalah lakukan yang terbaik sisanya serahkan kepada Tuhan Yang Maha Esa," ungkapnya.

Baca juga: Pemkot Bogor bantu penggalangan dana secara virtual bagi seniman

Bima yang ikut dalam kegiatan makan malam dan penggalangan dana oleh Lions Club Jakarta Cosmo Stellar di Lorena Ballroom, Swiss-Belinn Bogor, Sabtu (1/10), merasa emosional karena mengingat orang tua dan saudara-saudaranya yang wafat karena kanker.

Penyaluran dana malam itu akan diberikan kepada anak-anak penderita kanker di Rumah Singgah Adira Lions Jakarta.

Bima yang didampingi Ketua TP PKK Kota Bogor Yane Ardian menyampaikan bahwa usahanya membangun fasilitas olahraga di Kota Bogor seperti jalur sepeda, jalur trek lari, dan taman, salah satunya dilatarbelakangi oleh pengalaman keluarganya yang terkena penyakit kanker.

Baca juga: Kegiatan sosial "Cukur Rambut Bayar Seikhlasnya" kumpulkan dana Rp14,2 juta

Menurut dia, olahraga merupakan cara pencegahan terbaik yang bisa dilakukan masyarakat dengan mudah. Oleh karena itu, sebagai wali kota dia membuat fasilitas pendukung yang baik.

"Dan sejak 10 tahun yang lalu saya rutin olahraga, karena bagi saya itu langkah pencegahan dan saya ingin menularkan hidup sehat ini kepada semua. Hal itu juga kenapa di Kota Bogor banyak kita bangun jogging trek, taman dan fasilitas olahraga didorong karena saya tidak mau orang-orang mengalami apa yang saya alami akibat kanker," kata dia.

Dia mengatakan angka kanker di Kota Bogor terus meningkat dengan komposisi didominasi kaum perempuan.

Untuk itu, Pemerintah Kota Bogor, katanya, dalam ikhtiarnya tidak hanya sebatas pada langkah paliatif tetapi juga didorong pada sisi psikis, karena tidak sedikit penyakit kanker disebabkan faktor tersebut akibat stres yang dialami.

Baca juga: BEM Polbangtan Bogor serahkan donasi untuk korban Karhutla

Dukungan dari orang tersayang dan terdekat menjadi faktor pendorong yang bisa membantu kesembuhan para penderita kanker.

"Atas inisiatif Lions Club, saya sampaikan apresiasi untuk masuk di wilayah ini dan insyaallah semoga diberkahi bagi semuanya. Harapan saya ke depan kita bisa berkolaborasi, tidak hanya tentang kanker tetapi bisa juga isu lingkungan dan saya melihat kesempatan itu terbuka di sisa waktu pengabdian saya sebagai Wali Kota Bogor," kata Bima Arya.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022