Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, melakukan seleksi terhadap 459 orang pendaftar calon anggota panitia pengawas pemilu kecamatan untuk menjaring 69 orang terpilih yang akan bertugas selama tahapan Pemilu 2024.

Koordinator Divisi Hubungan Lembaga Bawaslu Kabupaten Bekasi Akbar Khadafi mengatakan proses seleksi dilakukan setelah menyelesaikan tahapan pendaftaran pada 21 hingga 27 September 2022.

"Jumlah minimal pendaftar dan jumlah keterwakilan perempuan di setiap kecamatan sudah terpenuhi. Proses pendaftaran sudah kita tutup, ada 459 orang pendaftar yang terdiri atas 363 laki-laki dan 96 perempuan," kata Akbar di Cikarang, Sabtu.

Baca juga: Bawaslu Bekasi buka pendaftaran pengawas tingkat kecamatan
Baca juga: Bawaslu Bekasi bentuk Sentra Gakkumdu pemilu 2024

Ia menjelaskan seleksi terhadap ratusan pendaftar calon anggota panwaslu kecamatan ini dimulai dengan tahapan seleksi administrasi, yakni kesesuaian berkas yang mengacu pada persyaratan untuk menjadi anggota panwaslu.

"Seleksi administratif ini akan diumumkan pada tanggal 12 Oktober 2022 dan setelah itu dilanjutkan dengan tahapan-tahapan berikutnya," katanya.

Setelah pendaftar dinyatakan lulus tes administrasi, mereka akan menjalani tahapan berikutnya berupa tes tertulis dan tes wawancara yang dirangkaikan dengan tanggapan dari masyarakat hingga pleno penetapan anggota panwaslu terpilih.

Baca juga: Bawaslu Bekasi rilis ada 1.763 TPS rawan

Akbar mengatakan berdasarkan kebutuhan personel panwaslu untuk 23 kecamatan di Kabupaten Bekasi dengan masing-masing kecamatan terdiri tiga orang anggota sehingga secara keseluruhan akan dijaring sebanyak 69 orang.

"Mereka akan bertugas dan bertanggung jawab penuh terhadap jalannya tahapan Pemilihan Umum Tahun 2024 mendatang dari aspek pengawasan," katanya.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022