Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan mengaku bangga lantaran kegiatan Jonggol Adventure menjadi semarak karena dihadiri oleh ribuan peserta bermotor trail dalam peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia di Jonggol Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Menurutnya, kegiatan olahraga off road dengan sepeda motor trail itu diselenggarakan oleh Koperasi Abdi Negara dengan menggandeng Pemerintah Kabupaten Bogor, TNI, Polri, dan komunitas motor trail.

Iwan menyebutkan, kegiatan yang mendukung slogan Kabupaten Bogor Sport and Tourism ini menarik antusiasme para pecinta adventure yang hadir, karena kegiatan seperti itu sudah lama tak digelar di Kabupaten Bogor.

Baca juga: TSI Suguhkan Wahana "Elephant Jumbo Adventure"

"Jonggol adalah salah satu destinasi wisata, yakni wisata adventure. Mudah-mudahan ini bisa menjadi daya ungkit perekonomian khususnya di wilayah Jonggol dan sekitarnya," kata Iwan.

Ia berharap, ribuan peserta yang hadir dari berbagai daerah itu mendatangkan keuntungan secara finansial bagi masyarakat Jonggol, sekaligus momentum pemulihan ekonomi imbas pandemi COVID-19.

"Pada intinya, meski Jonggol Adventure ini dilakukan di alam yang dikelola oleh Perhutani, kita tetap menjaga dan memelihara konservasi alam dengan baik, dengan tidak merusaknya sedikitpun," ujar Iwan.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin di tempat yang sama berterima kasih kepada penyelenggara, karena telah menyajikan kegiatan yang mendatangkan kebahagiaan dan memberikan potensi perekonomian.

Baca juga: Karawang sediakan jalur `adventure` kawasan hutan Kutatandingan

"Kegiatan ini sudah masuk kalender event Kabupaten Bogor, Insyaallah akan terus berlanjut dan menjadi ikon kegiatan olahraga dan pariwisata. Sesuai jargon, Kabupaten Bogor Sport And Tourism," kata Burhanudin.

Ia menjelaskan, kegiatan Jonggol Adventure ini merupakan salah satu olahraga yang digemari masyarakat khususnya kalangan muda. Sehingga dapat memberikan wadah bagi para pemuda untuk menyalurkan hobi dan bakatnya di bidang otomotif.

"Pada dasarnya tugas pemerintah itu melayani masyarakat. Ketika masyarakat itu punya hobi, pemerintah harus mewadahi, sehingga ada ruang bagi mereka untuk berkarya berpartisipasi dalam pembangunan melalui prestasinya masing-masing," ujarnya.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022