Fakultas Teknik Universitas Pancasila (FTUP) bekerja sama dengan University Network for Indonesia Infrastructure Development (UNIID) dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) menggelar Simposium V yang bertajuk “Kolaborasi Keilmuan dan Kepakaran dalam Mendukung Infrastruktur”.

"Peran perguruan tinggi sangat penting dalam pembangunan infrastruktur, dimana kampus bisa menjadi katalisatornya," kata Dekan FTUP Budhi Muliawan Suyitno di kampus Universitas Pancasila, Jakarta, Rabu. 
 
Dekan mengatakan dengan adanya Penjaminan Infrastruktur Indonesia maka para kontraktor akan merasa lebih nyaman dalam mengerjakan proyek yang dikerjakannya.

Baca juga: FTUP adakan pengabdian masyarakat di Desa Leuwijati Bogor

Sementara itu, Kepala Program Studi S2 Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Pancasila Achmad Hermanto Dardak menekankan tentang penguatan aspek teknis untuk pembangunan infrastruktur. 
 
Andre Permana Ph.d yang mewakili PT PII menyampaikan pentingnya kerja sama perguruan tinggi untuk mendukung infrastruktur melalui UNIID.

Ia mengatakan penjaminan dilakukan adanya resiko yang di picu oleh pemerintah bukan oleh pihak swasta, misalnya ada perubahan mengenai aturan ataupun kebijakan.
 
Baca juga: FTUP permudah lulusan bekerja jalin kerja sama dengan BUMN

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari, dimulai dengan pelaksanaan Webinar Simposium pada 20 Juli hingga 21 Juli 2022 ini dihadiri oleh 50 undangan secara luring yang meliputi unsur Pengurus Pusat UNIID (UNPAD), perwakilan PT. PII, UI, Rektor dan pejabat di lingkungan Universitas Pancasila, para pembicara, perwakilan dari Bappenas, PUPR, Kemenhub, dan media. 

Sementara itu kurang lebih 1000 undangan juga menghadiri acara secara daring, yang terdiri dari anggota UNIID dan Rektor Perguruan Tinggi, Pemerintah Daerah Provinsi, Kota/Kabupaten, Pimpinan Perusahaan dan BUMN/BUMD yang bergerak dalam bidang infrastruktur.

Selain itu Pejabat Pembuat Akta tanah, Anggota DPRD, Law Firm dan Accounting Firm serta Civitas Akademika dari 35 Perguruan Tinggi yang tergabung dalam UNIID (Dosen  dan Mahasiswa).
 
Baca juga: FTUP gelar bedah buku secara virtual

Dalam simposium di hari pertama, sesi diskusi yang dimoderatori oleh Jachrizal Sumabrata, Ph.D. menghadirkan beberapa pembicara diantaranya Andre Permana, Ph.DDirektur Bisnis PT PII, Dr. Hermanto Dardak Ketua Prodi S2 Rekayasa Infrastruktur FTUP,  Dr. Prita Amalia, S.H., M.H., AllArb Kepala Pusat Riset Inovasi Sumber Daya Kewilayahan UNPAD yang juga merupakan Sekretaris Jenderal UNIID, dan Hengki Purwoto, S.E., MA dosen Jurusan Ilmu Ekonomi, FEB UGM.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022