Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika memastikan capaian kinerja Pemerintah Kabupaten Purwakarta tahun 2021 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, ditandai dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

"Peningkatan kinerja itu dilihat dari meningkatnya IPM," kata Bupati saat Rapat Paripurna DPRD Hari Jadi ke-54 Tahun Kabupaten Purwakarta di Gedung DPRD Kabupaten Purwakarta, Rabu. 

Bupati menegaskan capaian kinerja pemerintah daerah tahun 2021 telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Hal itu ditandai dengan IPM mencapai 70,98 poin atau naik 0,16 poin dari tahun 2020 yang  mencapai 70,82 poin.
 
Kemudian pertumbuhan ekonomi yang tercapai 3,42 persen dibandingkan tahun 2020 yang tercapai -2,13 persen.

Pemkab Purwakarta, katanya, terus meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam setiap program pembangunan daerah agar lebih baik, dengan berbagai aspek, di antaranya aspek pembangunan manusia, aspek ekonomi dan kesejahteraan sosial masyarakat, aspek tata kelola pemerintahan, aspek infrastruktur serta aspek lingkungan hidup.

Bupati mengatakan pada tahun ini telah disusun rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) dengan arah pembangunan memantapkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing daerah yang berkelanjutan dengan sejumlah prioritas.

Prioritas-prioritas tersebut di antaranya peningkatan SDM yang berkualitas dan berwawasan lingkungan, pemulihan ekonomi dan perlindungan sosial masyarakat, peningkatan penyelenggaraan good governance yang berbasis iptek dan peningkatan infrastruktur dasar perekonomian masyarakat.

"Semoga momentum Hari Jadi Purwakarta ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi untuk terus berinovasi dan berdedikasi pada Purwakarta," kata Anne.

Ia juga mengakui, hingga kini masih banyak "pekerjaan rumah" yang belum terselesaikan, seperti pembangunan, infrastruktur akibat merebaknya pandemi COVID-19 dua tahun terakhir. 

"Kita bisa pulih dan bangkit bersama, bekerja bersama-sama kemudian berikhtiar bersama-sama, satu frekuensi, Insya Allah akan tercapai," ujarnya.

Ia berkomitmen melakukan percepatan pembangunan terutama di bidang infrastruktur yang masih tertunda.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022