Bogor (Antara Megapolitan) - Harga cabai merah besar dan bawang yang diperdagangkan di sejumlah pasar tradisional di Kota Bogor masih tinggi yakni mencapai Rp60 ribu Rp40 ribu per kg

Pantauan Antara di Pasar Induk Jambu Dua, Sabtu menunjukkan dua jenis cabai yang paling banyak dibutuhkan warga Bogor yakni cabai merah besar masih bertahan di harga Rp60 ribu per kg, begitu juga dengan harga cabai rawit merah Rp60 ribu per kg.

Menurut salah satu pedagang, harga pekan ini sudah turun dibandingkan pekan lalu, harga cabai merah besar meroket mencapai Rp80 ribu kg.

"Untung hari pekan ini sudah turun, tapi masih tinggi. Biasanya Rp30 ribu sudah lumayan mahal, sekarang malah Rp60 ribu," kata seorang pedagang, Yani.

Harga tinggi juga terjadi pada bawang merah dan bawang putih. Perkilonya mencapai Rp40 ribu, biasanya harga bawang hanya Rp20 ribu paling mahal. Harga tersebut dirasa cukup mahal bagi pedagang warteg karena harga cabai juga masih tinggi.

"Biasanya beli seperempat Rp5.000 dapat, sekarang jadi Rp10 ribu," kata Tuti pedagang warteg di Jalan Menteng.

Tidak hanya harga cabai dan bawang, harga tomat ikut melonjak tajam yang tadinya hanya Rp8.000 per kg, kini menjadi Rp12 ribu pe kg.

Menurut Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor, Mangahit Sinaga, kenaikan harga cabai mencapai Rp80 ribu pada pekan lalu selain dikarenakan pengaruh cuaca juga pengaruh dari gerhana matahari.

"Pekan lalu harga cabai sempat melambung tinggi, ternyata ada pengaruhnya dari gerhana matahari," kata Sinaga.

Dari hasil survei yang dilakukan Disperindag, katanya, pada saat gerhana matahari petani di sentra produksi cabai tidak melakukan pemetikan, sehingga mempengaruhi ketersediaan stok di pasar induk.

"Sehari saja petani tidak metik, itu berdampak dua sampai tiga hari pasokan cabai di Kota Bogor," katanya.

Namun, pekan ini, lanjut dia, harga cabai sudah turun dari harga pekan lalu. Tetapi masih tinggi, dikarenakan pengaruh cuaca di daerah sentra produksi cabai dan bawang yakni Sumatera dan Jawa.

"Pasokan cabai dari Sumatera seperti Aceh dan Lampung sudah mulai masuk, pekan besok diprediksi turun," katanya.

Sementara itu harga cabai rawit hijau stabil Rp16 ribu per kg, harga ayam naik dari Rp30 ribu menjadi Rp34 ribu per kg, sedangkan harga telur stabil Rp23 ribu per kg.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016