Polresta Bogor Kota bersama Pemerintah Kota Bogor dan unsur pimpinan daerah lain merilis film pendek sosialisasi pemahaman penyakit mulut dan kuku (PMK) sebagai inovasi cara penyampaian informasi mendidik kepada masyarakat.

"Di hari ulang tahun Polri juga kami mempersembahkan film sosialisasi tentang penyakit mulut dan kuku pada yang diperankan oleh semua Forkopimda," ujar Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro di sela giat HUT ke-76 Bhayangkara di Mapolresta Bogor Kota, Selasa.
 
Kombes Pol Susatyo berharap masyarakat dapat melihat pesan yang ingin disampaikan mengenai PMK bahwa penyakit tersebut tidak menular kepada manusia dan daging hewan terinfeksi penyakit itu aman untuk dikonsumsi sesuai mekanisme pengolahan yang dianjurkan.
 
Baca juga: Antisipasi PMK, Pemkot Bogor cegat mobil pembawa sapi di lima titik
Baca juga: DKPP Kota Bogor sebut kambing belum jadi prioritas vaksinasi PMK
 
Film pendek berjudul Sosialisasi PMK itu diperankan antara lain oleh Plh Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim sebagai pedagang sapi, Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Eka Wardhana sebagai pembeli, Danrem 061/Suryakencana Brigjen TNI Rudy Saladin sebagai lurah, Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro sebagai Babinsa, Dandim 0606 Kota Bogor Letkol Inf Ali Akhwan sebagai Babimkamtibmas, Kepala DKPP Kota Bogor Anas Rasmana sebagai konsultan peternakan dan perwakilan MUI Kota Bogor sebagai ulama.
 
Selanjut, kata dia, kepolisian ingin memberikan inovasi cara menyampaikan informasi kepada masyarakat yang saat ini lebih mudah ditangkap melalui film atau video.
 
Menurutnya, hasil kolaborasi dengan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) membuat film ingin menunjukkan usaha yang kreatif bagaimana mengajak masyarakat mengerti PMK dan tidak terlalu khawatir untuk kebutuhan hewan kurban jelang Idul Adha 1443 Hijriah.
 
Baca juga: PCNU Kota Bogor ajak masyarakat yang mampu tetap berkurban di tengah wabah PMK
 
Susatyo menyampaikan sesuai pesan Presiden Jokowi di HUT ke-76 Bhayangkara ini, baik penanganan COVID-19, kelangkaan dan harga yang melambung minyak goreng hingga PMK, Polresta Bogor Kota siap membantu Pemerintah kota untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.
 
"Yang dilihat tentu mengenai pesannya, yang kedua bagaimana kami semua ini berusaha untuk memberikan sosialisasi dengan cara-cara inovatif dan kreatif," katanya.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022