Perenang Amerika Serikat Katie Ledecky meraih medali emas pada nomor 800 meter gaya bebas Kejuaraan Dunia Renang di Budapest, Hungaria, Jumat (24/6), yang merupakan gelar kelima kalinya secara berturut-turut. 

Ledecky mendominasi nomor tersebut dengan finis lebih dari 10 detik di depan perenang Australia Kiah Melverton untuk menambah koleksi medali emasnya menjadi 19 keping dari kejuaraan tertinggi itu.

Hasil yang dicapai Ledecky melampaui raihan Ryan Lochte, juga lebih banyak tujuh medali dari rekor sepanjang masa yang dicapai Michael Phelps.

"Ini berkat kerja keras selama bertahun tahun. Saya melihat kembali ke London dan saya bertujuan untuk tidak berhenti di situ saja, dan inilah 10 tahun kemudian," kata Ledecky seperti dikutip Reuters.

Sementara itu perenang favorit tuan rumah Kristof Milak mengawinkan medali emas 200m gaya kupu-kupu dengan nomor 100m kupu-kupu.

Peraih medali perak Olimpiade itu memecahkan rekor 200m kupu-kupu pada awal pekan ini dan mendapatkan emas keduanya pada hari ini dengan meninggalkan rival-rivalnya setelah titik 25m untuk mengamankan kemenangan dengan catatan 50,14 detik.

Perenang Jepang Naoki Mizunuma finis kedua dengan catatan 50,94 detik di depan atlet Kanada Joshua Liendo Edwards.

Perenang Swedia Sarah Sjostrom juga salah satu yang merayakan kesuksesan besar ketika ia meneruskan dominasinya di nomor 50m kupu-kupu putri untuk titel keempatnya secara beruntun di kejuaraan itu dan medali ke-18 dalam kariernya.

Australia juga dominan di nomor beregu ketika Jack Cartwright, Kyle Chalmers, Madison Wilson dan Mollie O'Callaghan memecahkan rekor nomor 4x100m gaya bebas estafet campuran.

Kuartet itu mengklaim medali emas setelah mengungguli Kanada dan Amerika Serikat dengan catatan 3:19,38, yang mengalahkan rekor sebelumnya yang dibuat tim Amerika Serikat dengan margin 0,02 detik.

Baca juga: Masniari tak menduga raih emas renang putri di SEA Games Vietnam
Baca juga: Janis Rosalita tambah satu emas pada renang sirip SEA Games
Baca juga: 39 rekor nasional renang terpecahkan dalam pada Peparnas XVI Papua



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ledecky raih emas 800m gaya bebas kelima dalam Kejuaraan Dunia FINA

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022