Kepolisian Resor Sukabumi Kota, Jawa Barat meningkatkan pengawasan dan pengamanan terhadap toko modern di daerah itu karena sering menjadi sasaran tindak pencurian dengan kekerasan.

"Peningkatan pengawasan terhadap minimarket (toko modern) ini merupakan kegiatan preemtif yang dilakukan oleh Polres Sukabumi Kota untuk mencegah terjadi aksi pencurian dengan kekerasan," kata Kasat Binmas Polres Sukabumi Kota AKP Iman Retno di Sukabumi, Minggu (12/6).

Kapolres Sukabumi Kota AKBP S.Y. Zainal Abidin, katanya, sudah memerintahkan seluruh jajaran, baik tingkat polres maupun polsek, untuk lebih mengintensifkan pengawasan tersebut, terlebih saat jam rawan tindak kriminalitas.

Personel bhabinkamtibmas di wilayah, katanya, wajib membuat laporan hasil pengawasan terhadap kondisi keamanan toko modern dan masyarakat di wilayah tugas masing-masing.

Berdasarkan laporan terakhir yang diterima pihaknya, secara umum situasi aktivitas masyarakat berjalan normal dan kondusif di daerah itu.

Pengawasan dan pengamanan terhadap toko modern untuk mencegah berbagai aksi kejahatan, seperti pencurian dengan kekerasan, perampokan, dan pembobolan.

Ia meminta pengelola dan karyawan toko modern juga lebih meningkatkan kembali sistem pengamanan.

"Setiap minimarket pun harus dilengkapi dengan sistem keamanan ganda, seperti dilengkapi CCTV maupun gembok/kunci yang tidak mudah dijebol, serta setiap karyawan harus bisa saling memperhatikan rekannya karena pegawai minimarket pun kerap menjadi sasaran kejahatan, sehingga jika ada kejadian bisa segera langsung dilaporkan kepada petugas keamanan terdekat," katanya.

Sebelum pulang, katanya, setiap pengelola harus terlebih dahulu memeriksa kondisi tokonya,  seperti kunci dan gembok yang sudah terpasang dengan baik serta CCTV benar-benar berfungsi.

Bahkan, katanya,  jika memungkinkan uang hasil penjualan langsung disetorkan ke kantor pusat atau alangkah baiknya tidak meninggalkan uang tunai di dalam toko karena selalu menjadi target utama para pelaku tindak kejahatan.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022