Puluhan petugas gabungan dari sejumlah instansi terkait di Pemerintah Kota Sukabumi, Jawa Barat, melakukan pruning atau pemangkasan pohon di beberapa lokasi rawan pohon tumbang di kota tersebut pada Kamis (9/6).

"Pemangkasan pohon ini dalam upaya mitigasi bencana terlebih cuaca ekstrem seperti hujan deras yang hampir setiap hari mengguyur Kota Sukabumi sehingga kami khawatir terjadi pohon tumbang seperti kejadian beberapa hari lalu," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi Imran Whardani di Sukabumi, Kamis.

Dalam pelaksanaannya, petugas yang diturunkan untuk melakukan pruning tersebut berasal dari BPBD, PLN, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Sukabumi, Telkom dan dibantu relawan.

Adapun lokasi yang dipilih yakni di jalan-jalan protokol yang terdapat pohon yang kondisinya sudah tua, rawan tumbang dan rantingnya yang menutup jaringan kabel listrik PLN maupun Telkom.

Menurut Imran, total personel yang diturunkan sebanyak 55 orang dan sebelum melakukan pemangkasan, pohon akan diperiksa kondisinya terlebih dahulu jika masuk dalam kategori rawan tumbang maka akan dilakukan pemangkasan.

"Tentunya dalam melakukan pruning ini kami terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan, setelah mendapatkan izin dari dinas yang bersangkutan baru petugas melakukan pemangkasan," tambahnya.

Sementara, Manajer ULP PLN Sukabumi Yusman mengatakan pohon yang menjadi sasaran pruning adalah kondisi sudah tua, mati dan rawan tumbang menimpa jaringan kabel listrik PLN. Selamat pelaksanaan pihaknya mematikan dahulu aliran listrik untuk antisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Anggota Polsek Cisaat selamatkan pengendara tertimpa pohon tumbang
Baca juga: Sejumlah pohon tumbang dan rumah rusak akibat hujan disertai angin kencang di Sukabumi
 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022