Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto menegaskan Peringatan Hari Jadi Kota Bogor mengandung semangat yang tulus untuk menghadirkan program-program berkelanjutan bagi lingkungan agar bumi terus hidup atau lestari. 
 
"Maka pembangunan Kota Bogor haruslah bertumpu pada 3 aspek, yaitu aspek sosial budaya, ekologi, dan ekonomi," kata Atang saat Sidang Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-540 Kota Bogor (HJB) di Gedung DPRD Kota Bogor, Jumat. 
 
Menurut dia semangat HJB dengan tema Abhinaya Satya Lestari yang menyemangati untuk memperhatikan kelestarian lingkungan, aspek pertama, pembangunan bertumpu pada aspek sosial budaya menitikberatkan pada kearifan lokal, budaya gotong royong, serta kebersamaan dan kerukunan masyarakat.
 
Hal ini merupakan budaya luhur warisan nenek moyang yang menjadi kekuatan pemersatu warga, sekaligus sebagai pijakan kearifan agar di era yang serba maju ini, Kota Bogor tetap menjadi kota yang nyaman di dalam taman.
 
Konsentrasi ini diperkuat dengan aspek kedua yaitu ekologi, yang menitikberatkan pada kelestarian lingkungan. Pembangunan harus terus dilakukan dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan. Degradasi lingkungan yang telah terjadi selama ini harus dihentikan dan harus mulai dilakukan usaha-usaha untuk melestarikan lingkungan.
 
Aspek yang ketiga adalah ekonomi, yaitu upaya mewujudkan peningkatan dan pemerataan kesejahteraan keadilan. Permasalahan kemiskinan dan sulitnya mendapatkan lapangan kerja akibat pandemi COVID-19, harus diselesaikan dengan program ekonomi yang konstruktif dan bisa dirasakan oleh semua warga Kota Bogor. 
 
Program pembangunan, menurut Atang, harus dirasakan oleh seluruh wilayah dan seluruh warga Kota Bogor. Itulah substansi dari pemerataan kesejahteraan dan keadilan. 
 
"Oleh karena itu, mari kita satukan gerak langkah perencanaan dan pelaksanaan pembangunan melalui kinerja yang lebih baik agar terwujud Kota Bogor yang nyaman, maju, tentram, damai, 'gemah ripah loh jinawi' bagi semua masyarakat Kota Bogor," kata Atang. 
 
 
 
 
 

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022