Sukabumi (Antara Megapolitan) - Sebanyak 70 desa di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, akan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak pada Mei 2016 yang merupakan tahap awal pilkades hingga 2019 mendatang.

"70 desa tersebut terdapat di 36 kecamatan karena sudah semakin `mepet` maka kami dengan unsur terkait sudah melakukan berbagai pertemuan dan koordinasi," kata Asisten Daerah I Bidang Pemerintahan Kabupaten Sukabumi, Acep Saepudin di Sukabumi, Rabu.

Menurut dia, tahun depan jumlah desa yang akan melaksanakan pilkades serentak sebanyak 61 dan puncaknya pada 2019 akan diselenggarakan di 250 desa. Untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan pada penyelenggaraan pesta demokrasi tingkat desa ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan TNI dan Polri.

Pihaknya dalam waktu dekat membentuk panitia pilkades tingkat Kebupaten Sukabumi yang unsurnya baik dari TNI/Polri maupun sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Selain itu, juga membuat rancangan agenda pilkades mulai dari sosialisasi, kampanye, pemungutan suara hingga penetapan pemenang.

"Rapat koordinasi atau rakor dengan sejumlah pihak terus kami lakukan, agar pelaksanaan pilkades ini tidak menemui hambatan dan yang terpenting seluruh warga desa yang sudah mempunyai hak pilih bisa menyalurkan suaranya nanti," katanya.

Kepala BPMPD Kabupaten Sukabumi Dedi Chardiman mengatakan, untuk mengetahui kebutuhan pilkades, dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar pertemuan dengan para camat yang daerah akan melaksanakan pesta demokrasi ini.

Selain itu, pilkades serentak di 70 desa waktunya sudah semakin dekat sehingga berbagai keperluan khususnya anggaran harus segera terpenuhi.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016