Sejumlah objek wisata di jalur utama Cianjur, Jawa Barat, seperti Kebun Raya Cibodas dan Savilage Puncak Pass menjadi tempat istirahat pemudik tujuan balik yang menunggu penerapan sistem satu arah (one way) pada Jumat atau H+3 Lebaran.

Pantauan Antara, jalur utama Puncak-Cianjur, Jumat siang, telah diberlakukan sistem satu arah guna mengantisipasi macet total seiring puncak arus balik menuju Jabodetabek yang mulai mengular sejak pagi.

Sejumlah rekayasa lalu lintas yang dilakukan petugas tidak dapat menahan volume kendaraan pemudik yang hendak kembali ke kota asal masing-masing di jalur Puncak-Cianjur, sehingga sebagian besar pemudik menikmati macet panjang yang sudah terjadi sejak H+1 lebaran.

"Kami sengaja melintas di Puncak-Cianjur, meski sudah tahu sejak lebaran hingga hari ini, jalur utama macet setiap hari. Karena ada penerapan satu arah kami bisa mampir ke Kebun Raya Cibodas, rekreasi sambil beristirahat selama beberapa jam," kata pemudik tujuan Tangerang, Jumadi.

Hal senada terucap dari pemudik asal Bandung, Sintia yang sedang menunggu pemberlakuan satu arah sambil beristirahat di Savilage-Puncak Pass sebelum melanjutkan perjalanan ke Jakarta.

"Lumayan bisa istirahat sambil menikmati suasana alam pegunungan di kawasan Savilage ini, pemandangannya kota Cipanas. Meski sempat terjebak macet, namun cukup puas bisa berlibur sejenak di tengah macet, setelah satu arah baru kami lanjut perjalanan pulang," katanya.

Sementara itu, Manager On Duty Kebun Raya Cibodas, Dodi Kuswara, mengatakan memasuki H+3 lebaran tingkat kunjungan ke kebun raya yang memiliki koleksi jutaan pohon langka itu, mengalami peningkatan yang cukup tinggi dibandingkan hari-hari sebelumnya sebanyak 5.000 pengunjung.

"Sebagian besar pemudik dengan tujuan balik sambil menunggu satu arah diberlakukan menuju Bogor, peningkatan kunjungan sudah terlihat sejak pagi hingga petang. Kemungkinan angka kunjungan akan terus meningkat hingga H+5 lebaran," katanya.

Baca juga: Jalur alternatif ke Puncak jadi sangat ramai saat "one way" ke arah Jakarta
Baca juga: Wisatawan ke Puncak Cipanas meningkat pada hari kedua Lebaran
Baca juga: Polisi sediakan layanan "call center" untuk mobil mogok di Puncak

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022