Sekolah Alam Baiti Jannati di Kampung Rawagede, Kota Sukabumi, Jawa Barat menjadi percontohan program Sekolah Sehat, Aman dan Hebat (Sahabat) Water Sanitation and Hygiene (WASH) Palang Merah Indonesia (PMI) yang merupakan kolaborasi dengan PT Indomarco Prismatama (Indomaret Group).

"Dalam menjalankan mandat untuk membantu pemerintah, PMI Kota Sukabumi terus berupaya meningkatan dan mewujudkan kualitas lingkungan sekolah yang bersih dan sehat salah satunya dengan meluncurkan program Sahabat WASH PMI. Program ini merupakan kolaborasi antara PMI Pusat dengan PT Indomarco Prismatama," kata Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo di Sukabumi, Minggu.

Menurut Suranto, program Sahabat ini merupakan persembahan donasi dari para pelanggan Indomaret yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia, di mana dalam menjalankan program tersebut PMI menitik beratkan pada upaya penyediaan infrastruktur air bersih, sarana sanitasi dan kesehatan.

Kemudian, penguatan edukasi kebersihan diri dan lingkungan yang sehat, aman dan hebat bagi guru dan siswa sekolah di wilayah dukungan program. Bahkan, program Sahabat WASH PMI yang dilaksanakan di Sekolah Alam Baiti Jannati di RT 03/05, Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu merupakan percontohan untuk daerah lain.

Sementara, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menambahkan Pemerintah Kota Sukabumi mengapresiasi program yang digagas PMI setempat yang merupakan dukungan untuk pihaknya dalam penyediaan pendidikan dan air bersih, dengan penyediaan fasilitas kesehatan dan air bersih berupa pembangunan sarana MCK yang standar.

"Pemerintah Kota Sukabumi berterima kasih untuk semua donatur baik PMI dan juga Indomaret yang sudah memilih Kota Sukabumi untuk menjalankan program ini," tambahnya di sela peletakan batu pertama pembangunan ruang UKS di Sekolah Alam Baiti Jannati .

Di tempat yang sama, Branch Manager Indomaret Cabang Bogor 1 Kristanto Indra Setyawan mengatakan dalam proses pelaksanaan di lapangan program ini mendukung penyediaan pendidikan dan air bersih yang meliputi penyediaan fasilitas kesehatan dan air bersih berupa pembangunan MCK berstandar.

Kemudian pembuatan tendonisasi air, penyediaan tempat sampah yang standar serta pembangunan sarana ruangan UKS  di sekolah. Program tersebut dari sumbangan pelanggan Indomaret yang sudah dengan setia untuk terus menerus berbagi bersama dan terlibat aktif dalam program kebaikan untuk masyarakat yang membutuhkan. 

Dalam peresmian program ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan ruangan UKS oleh Walikota Sukabumi, Branch Manager Indomaret Cabang Bogor 1 dan Ketua PMI Kota Sukabumi. Selanjutnya, memberikan bantuan secara simbolis paket perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) Kit kepada perwakilan pelajar yang ada di sekolah ini.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022