Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengingatkan  seluruh jajaran organisasi perangkat daerah di Pemerintah Kabupaten Purwakarta Jawa Barat terus meningkatkan efektivitas manajemen kinerja.

"Dengan efektivitas manajemen kerja, maka akan terbangun budaya kerja. Ini bagus untuk penilaian SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah)," kata Anne dalam keterangan yang diterima di Purwakarta, Rabu.

SAKIP ialah rangkaian sistematis dari berbagai aktivitas, alat, dan prosedur, yang dirancang untuk menetapkan pengukuran, pengumpulan, pengklasifikasian data, serta pelaporan kinerja, di instansi pemerintah. 

"Hal tersebut merupakan bentuk pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi di berbagai tingkatan," katanya.

Menurut Anne, penguatan akuntabilitas kinerja merupakan salah satu program yang dilaksanakan dalam rangka reformasi SAKIP.

"Ini sangat penting dan strategis bagi penyelenggara pemerintah, karena instansi pemerintah dipacu untuk terus meningkatkan kualitas kinerjanya melalui perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, dan evaluasi akuntabilitas kinerja internal," tambahnya.

Kegiatan evaluasi SAKIP diselenggarakan oleh Inspektur Inspektorat Purwakarta dengan tujuan untuk memperkuat akuntabilitas kinerja.

Dar hasil evaluasi itu, lanjutnya, terdapat nilai tertinggi sampai terendah, serta ada rekomendasi yang harus ditindaklanjuti setiap perangkat daerah.

"Tindak lanjut ini nantinya akan menjadi poin tambahan dalam evaluasi tahun berikut," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Bogor terima penghargaan SAKIP Tahun 2019 dari KemenPAN-RB
Baca juga: Pemkab Bekasi pertahankan predikat B hasil evaluasi SAKIP 2019
 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022