Bogor (Antara Megapolitan) - Satlantas Polres Bogor, Jawa Barat, Kamis siang, bersiap untuk melakukan penutupan arus lalu lintas menuju Puncak pada pukul 13.30 WIB dengan memprioritaskan jalur kendaraan dari arah Cianjur menuju Bogor.

"Pukul 13.30 WIB arus menuju Puncak ditutup, kita berlakukan satu arah dari Cianjur menuju Bogor," kata Kepala Urusan Pembinaan dan Operasi (KBO) Satlantas Polres Bogor, IPTU Anaga Budiharso saat ditemui di Pos PAM Gadog.

Menurut dia, situasi arus lalu lintas jalur Puncak pukul 13.20 WIB masih satu arah dari Jakarta menuju Puncak. Petugas terus mendorong kendaraan untuk mengurai antrean yang mengular dari Gadog hingga tol Sentul Utara.

"Sistem satu arah sudah diberlakukan pukul 11.00 WIB, untuk mendorong kendaraan menuju Puncak," katanya.

Sementara itu, selama sistem satu arah dari arah Jakarta menuju Puncak diberlakukan, antrean kendaraan dari Cianjur menuju Bogor juga sudah mengular, mulai dari Riung Gunung dengan ekor kendaraan sampai batas Cilogo.

Untuk mengurai kepadatan tersebut, sistem satu arah kembali diberlakukan dengan menutup jalur Puncak, dan memprioritaskan kendaraan dari arah Cianjur menuju Bogor.

"Penutupan kita berlakukan di Tol Jagorawi km 45, dan di Jalan Gadog-Ciawi. Jalur akan kembali di buka pukul 20.00 WIB, atau situasional melihat kondisi arus di lapangan," katanya.

Ia mengatakan, selama penutupan arus, masyarakat yang hendak ke Puncak atau Bandung diimbau untuk menggunakan jalur lain seperti Ciawi, atau mencari alternatif tempat wisata lainnya.

"Karena kondisi sudah tidak memungkinkan untuk dipaksakan ke Puncak. Arus sudah cukup padat, sementara ruas jalan tidak cukup menampung semua kendaraan," katanya.

Selama penutupan, arus lalu lintas dari Puncak akan dibuang ke Kota Bogor, untuk mengurangi kepadatan di tol menuju Puncak. Imbas dari pembuangan arus ini, arus lalu lintas di Kota Bogor juga terpantau padat di sekitar Jalan Raya Tajur.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015