Pangkalpinang (Antara Megapolitan) - Kepala Kantor Wilayah Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bayu Martanto mengimbau masyarakat agar berhati-hati dalam menginvestasikan uang dalam bentuk emas batangan yang saat ini mulai banyak diminati.

"Investasi emas batangan harus diperhatikan kondisinya, jangan sampai tertipu," katanya di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan, perkembangan bisnis yang cukup sulit membuat banyak masyarakat menginvestasikan sebagian uangnya dalam bentuk emas karena lebih menjanjikan.

Kegiatan investasi tersebut tidak hanya di Perum Pegadaian saja tetapi juga di beberapa bank swasta juga mulai menawarkan investasi emas.

Untuk mengantisipasi penipuan berkedok investasi emas, ia meminta masyarakat harus selektif memilih bank.

"Masyarakat harus memilih bank yang ada lembaga penjamin simpanan (LPS) jika ingin menyimpan investasi emas itu karena lebih aman dan ada yang menjamin jika di kemudian hari terjadi hal yang tidak diinginkan," katanya.

Menurut dia, investasi emas memang merupakan bisnis yang menjanjikan namun masyarakat harus tahu dan paham tempat-tempat yang terpercaya untuk berinvestasi agar tidak mengalami kerugian.

"Kalau salah memilih tempat berinvestasi, bisa-bisa masyarakat mengalami kerugian karena tertipu dan sebagainya," katanya.  
    

Pewarta: Kasmono

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015