Wakil Wali Kota Depok, Jawa Barat Imam Budi Hartono mengatakan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) ada dua hal yang dilakukan oleh masyarakat, yaitu melalui pendidikan dan pelatihan.

"Pemerintah harus hadir dalam setiap permasalahan masyarakat seperti pelatihan kerja yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok," kata Imam Budi Hartono di Depok, Selasa.

Menurut Imam, program pelatihan kerja sejalan dengan visi Kota Depok, yaitu Maju, Berbudaya dan Sejahtera. Dalam mewujudkan visi tersebut, pihaknya mempunyai sejumlah program dari pembangunan infrastruktur hingga peningkatan kompetensi SDM.

Baca juga: Disnaker Depok: Peningkatan pencari kerja indikasi terbukanya lapangan kerja
Baca juga: Disnaker Depok siapkan program bursa kerja khusus bagi lulusan SMK

"Indonesia, khususnya Kota Depok akan menjadi wilayah yang maju, jika kita dapat membentuk generasi muda menjadi generasi yang maju. Di bidang pendidikan, kami memiliki program beasiswa untuk jenjang SD hingga SMA, dan tahun depan akan ada beasiswa untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN)," ujarnya.

Menurut Imam, selain pendidikan yang tinggi, dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga Kota Depok juga diperlukan pelatihan. Sebab, dengan meningkatnya kemampuan SDM warga Depok, pencari kerja dapat bekerja atau berwiraswasta.

Baca juga: Disnaker Depok siapkan enam program dan 16 kegiatan pada 2023

Sementara itu Kepala Disnaker Depok Mohamad Thamrin mengatakan pihaknya juga telah menyusun peraturan terkait Standar Operasional Prosedur (SOP) pelatihan kerja. Dengan begitu, mulai dari anggaran, lama pelatihan hingga kompetensi dan sertifikasi instruktur pelatihan memiliki standar yang sama dengan Disnaker.

"Pasca-pelatihan kerja, kami juga melakukan evaluasi guna melihat sejauh mana lulusan pelatihan ini terserap ke pasar kerja dan berwirausaha," ujarnya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022