Anggota Tim Percepatan Pembangunan Kegiatan Strategis Kabupaten Bogor Saepudin "Gus Udin" Muhtar, S.IP, M.Sos berharap Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) turut membantu dalam upaya meningkatkan budaya literasi kaum milenial.

"Kader HMI diharapkan dapat meningkatkan budaya literasi dan budaya intelektualitas di Kabupaten Bogor," katanya usai menghadiri pelantikan pengurus HMI Cabang Bogor, di Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin.

Ketua HMI Bogor masa bakti 2022-2023 yang dilantik adalah Muhamad Riyad Syah Rifki bersama jajaran pengurus lainnya.

Baca juga: Gus Udin ajak peserta Rumpin University Expo tingkatkan daya saing pendidikan
Baca juga: Pemkab siapkan anggarkan Rp850 miliar untuk pembangunan di Bogor Barat

Acara pelantikan tersebut dihadiri juga oleh anggota DPRD Jawa Barat Dapil Kabupaten Bogor Asep Wahyuwijaya, akademisi yang juga pengamat Pembangunan Desa Sofyan Sjaf, dan para pemuda dari berbagai organisasi seperti Cipayung Plus, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), hingga Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

Ia menilai kaum milenial di Kabupaten Bogor belum membudayakan literasi, ditandai dengan minimnya kegiatan-kegiatan diskusi di ruang publik, seperti di kafe ataupun di taman-taman kota.

"Kalau kita lihat dari kondisi yang ada, Kabupaten Bogor ini kan belum ramah budaya-budaya diskusi. Misalnya di kafe-kafe. Padahal budaya-budaya seperti itu juga penting dalam pembangunan wilayah," kata Gus Udin.

Baca juga: Gus Udin ajak mahasiswa jadi kontrol sosial untuk Pemkab Bogor

Ia menyebutkan hadirnya beberapa kaum intelektual pada pelantikan pengurus HMI tersebut dapat menjadi momentum persatuan dan peningkatan budaya intelektualitas di Kabupaten Bogor.

"Mudah-mudahan ini bisa meningkatkan budaya intelektualitas di Kabupaten Bogor. Sehingga punya peran penting dalam pembangunan wilayah maupun pada tingkat yang lebih tinggi," demikian Saepudin Muhtar,.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022