Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi, Jawa Barat menggelar lomba video pendek dokumenter tingkat SMP Negeri dan Swasta se-Kota Bekasi untuk menggali bakat peserta didik di bidang multimedia kreatif.

"Kegiatan ini baru pertama kali kami adakan dan mendapat dukungan Pak Plt Wali Kota Bekasi. Momentumnya juga bertepatan dengan HUT Kota Bekasi. Awalnya kami rencanakan kecil-kecilan tapi atas masukan Pak Plt akhirnya kami putuskan membuka pendaftaran bagi seluruh siswa SMP," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi Krisman Irwandi di Bekasi, Rabu.

Krisman mengajak segenap siswa SMP untuk mengikuti lomba video pendek dokumenter ini sebab selain merebutkan hadiah menarik, para peserta juga dapat lebih mengenal sejarah Kota Bekasi dengan menyalurkan kreatifitas masing-masing.

Baca juga: Dinsos gelar bakti sosial sambut Hari Jadi Kota Bekasi Ke-25

"Mari ikut serta lomba video pendek dokumenter bertemakan Bekasi Kotaku untuk lebih mengenal sejarah wilayah kita yang kini memasuki tahun perak," katanya.

Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Informatika SMP Kota Bekasi Tri Wahyuni Listyowati selaku pelaksana kegiatan ini mengatakan sesuai tema 'Bekasi Kotaku' video peserta memuat tempat-tempat bersejarah yang akan ditayangkan melalui aplikasi reels akun Instagram sekolah masing-masing.

Setiap sekolah mengirimkan dan menayangkan karya dari satu tim yang terdiri atas maksimal tiga siswa. Video itu harus mendeskripsikan satu dari total 19 tempat bersejarah berdasarkan SK Wali Kota Bekasi Nomor: 430/Kep-321-Disparbud/VII/2018 tentang penetapan tempat dan bangunan bersejarah di Kota Bekasi.

Baca juga: Sambut HUT ke-25, Pemkot Bekasi buatkan izin usaha 1.000 pelaku UMKM

Selain mengembangkan kreatifitas, kata dia, lomba video pendek dokumenter juga bermanfaat untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat Kota Bekasi khususnya para peserta didik untuk dapat mengenal tempat-tempat bersejarah di Kota Bekasi.

"Seringkali Kota Bekasi dikenal sebagai kota modern atau kota metropolitan dengan segala kemajuannya, maka dari itu kami ingin melalui sosial media dan proses kreativitas anak-anak, mereka dapat lebih mengenal tempat-tempat bersejarah di Kota Bekasi, tidak hanya melulu modernisasinya, tapi juga asal-usulnya," katanya.

Baca juga: 50 peserta ikut lomba membatik semarakkan HUT ke-25 Kota Bekasi

Pihaknya membuka pendaftaran lomba ini mulai 10-15 Maret 2022 dengan masa unggah pada akun Instagram masing-masing sekolah pada 16-27 Maret 2022.

"Peserta harus berkreasi secara fair serta berkarya dengan orisinalitas masing-masing. Rencana diumumkan pemenangnya pada 30 Maret langsung oleh Plt Wali Kota Bekasi," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022