Tempat wisata konservasi satwa Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor menyenggarakan vaksinasi penguat atau booster bagi 1.400 orang terdiri atas karyawan dan keluarganya.
 
"Ya, kita saat ini telah melangsungkan vaksinasi ketiga atau booster kepada karyawan Taman Safari Indonesia di Bogor," kata General Manager Area TSI Emeraldo Parengkuan di lokasi vaksinasi Parkir G TSI Bogor di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Kamis.
 
Aldo, sapaannya, menjelaskan penyenggaraan vaksinasi penguat bagi sekitar 950 orang karyawan bersama keluarganya merupakan hasil respon dari Satgas COVID-19 Kabupaten Bogor setelah beberapa waktu lalu mengirimkan surat permohonan.
 
TSI menyadari sebagai objek wisata satwa terbesar di Kabupaten Bogor dengan kapasitas 22.000 orang pengunjung harus memastikan staf yang melayani para pengunjung telah aman.

Baca juga: Kabupaten Bogor tunggu pasokan vaksin COVID-19 untuk vaksinasi penguat

Terlebih saat ini Kabupaten Bogor mendapatkan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 yang membatasi jumlah pengunjung sebanyak 50 persen.

Momen ini adalah kesempatan bagi TSI mempersiapkan dan memastikan semua layanan yang semakin lebih baik bagi pengunjung, salah satunya vaksinasi penguat, ditambah kapasitas kunjungan memadai dengan udara terbuka di lahan yang luas.
 
Vaksinasi COVID-19 yang mampu menguatkan tubuh melawan virus corona saat terpapar sehingga bergejala ringan bahkan banyak yang tidak bergejala, kata Aldo, maupun mencegah paparan virus tersebut menjadi hal yang wajib diberikan kepada masyarakat umum maupun para pekerja semua bidang.
 
Pantauan ANTARA di lokasi, vaksinasi yang dilaksanakan sejak pukul 8.00-12.00 WIB menerapkan alur protokol kesehatan.
 
Karyawan yang datang bisa mendatangi meja pendaftaran, pengecekan riwayat kesehatan, kemudian mendatangi meja vaksinasi yang terpisah antara laki-laki dan perempuan.
 
Selanjutnya, karyawan dapat duduk di halaman terbuka menunggu untuk di observasi selama 10 menit.

Baca juga: Polresta Bogor Kota vaksinasi penguat bagi 500 ASN antisipasi Omicron
 
Proses tersebut terus berlangsung bergantian bagi karyawan dan anggota keluarganya.
 
"Karyawan kami yang melayani dengan aman dan juga semacam garansi kepada pengunjung yang datang bahwa Taman Safari, selain protokol kesehatan kita yang sudah ditinjau pemerintah daerah baik, tetapi karyawannya juga aman," katanya.
 
Menurut Aldo, pengalaman Satgas COVID-19 internal TSI dalam menghadapi pandemi selama dua tahun ini, saat lonjakan kasus varian Delta yang juga menyerang sekitar 12 sampai 15 orang karyawan hingga kini sebanyak 25 orang terpapar COVID-19 ketika penyebaran varian Omicron, mampu ditangani dengan baik lembaga konservasi satwa tersebut.
 
Karyawan dan karyawati TSI diberikan pemantauan medis, vitamin dan keperluan lain selama karantina di tempat tinggal atau mes yang disediakan.
 
"Sekarang 25 orang itu pun bergejala ringan dan sudah proses penyembuhan. Setelah hari ini vaksinasi penguat, diharapkan pengunjung bisa percaya merasa aman kembali berwisata di TSI, aman," ungkap Aldo.

Baca juga: DPRD Bogor gelar vaksinasi booster untuk cegah klaster perkantoran
 
Di sisi lain, petugas protokol kesehatan pun bersiaga mulai dari pintu masuk pertama untuk melakukan cek suhu tubuh, pemakaian masker.
 
Penyanitasi tangan pun disediakan di setiap sudut titik berkumpul pengunjung untuk memberikan rasa aman dengan menjaga kebersihan tubuh.*
 
Terlihat pengunjung yang datang sudah mematuhi protokol kesehatan dan berinteraksi dengan baik sesama pengunjung maupun petugas yang berjaga.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022