Pengajar dan Peneliti Tetap Program Vokasi Universitas Indonesia (UI), Devie Rahmawati, Mila Viendyasari dan asisten pengabdi Rienzy Kholifatur, melakukan program pengabdian masyarakat vaksinasi, pelatihan literasi, hingga aplikasi manajemen relawan kemanusiaan.

Pengabdi Program Pengabdian Masyarakat Vokasi UI Devie Rahmawati dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Kota Depok, Senin menyebutkana sepanjang 2021, program pengabdian masyarakat yang telah dilakukan antara lain penguatan pikiran publik terhadap berbagai tantangan konten negatif di ruang digital melalui program Ngobrol Perempuan TOP, Makin Cakap Digital, The Jakarta Series, serta berbagai webinar, workshop secara online dan offline, lebih dari 100 serial kegiatan.

Jumlah kegiatan tersebut, meningkat 60 persen dari tahun 2020, yang berjumlah 65 kegiatan.

"Kegiatan ini menyasar lebih dari 15 ribu peserta di seluruh Indonesia, meningkat 1,5 persen dari tahun 2020, ” kata Devie Rahmawati, yang juga dosen pengabdi Vokasi Humas UI.

Selain itu kami juga memproduksi 17 karya modul dan buku diantaranya Inspirasi Perempuan Teladan, Optimis, dan Produktif (TOP);  Nimfa Kebencian di Dunia Digital; Strategi Hidup di Dunia Digital.

Buku-buku ini katanya dimaksudkan sebagai navigasi kehidupan bagi semua masyarakat seperti bagaimana menggunakan mesin pencari dan pengolahan data; mengenali cyber-bullying (perundungan di ruang digital); bijak bertransaksi; waspada penipuan digital; rekam jejak digital hingga catfishing,” kata Mila Viendyasari, Pengabdi Vokasi Administrasi Perkantoran, UI.

"Mekanisme dukungan aksi kemanusiaan yang dikelola oleh Dosen Vokasi ini, juga mengundang lebih dari 25 mitra pemerintah dan swasta yang turut serta menyukseskan kegiatan Vaksinasi yang mampu mendorong capaian Vaksinasi di DKI Jakarta lebih dari 107 persen dan di atas 90 persen capaian vaksinasi di Kawasan Aglomerasi,” ujar Mila Viendyasari.

Asisten pengabdi Vokasi UI Rienzy Kholifatur  mengatakan Pengajar Vokasi Humas, Devie Rahmawati bersama Chusnul Mariyah, Irma Chaniago, Asfinawati, melalui program tetap, setiap Jumat Malam, bertajuk Perempuan Bicara, yang mengupas berbagai fenomena sosial, hukum dan politik dari perspektif perempuan, berhasil menyabet penghargaan Anugrah KPI 2021 dari Komisi Penyiaran Indonesia. Ini sebuah pengakuan bagi kehadiran sivitas akademika Vokasi di kancah publik.

“Tahun ini, Pengmas Vokasi Humas dan Administrasi UI juga menghasilkan sebuah platform digital pengelolaan relawan kemanusiaan untuk vaksinasi, vaksinasi merdeka, yang mampu mengelola lebih dari 50 ribu calon relawan, dan menempatkan 10.060 relawan di 2012 titik, dengan teknologi digital yang transparan dan akuntabel," katanya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022