Polres Sukabumi menargetkan seluruh nelayan di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mendapatkan vaksinasi COVID-19 agar kekebalan kelompok segera terbentuk salah satunya dengan menggelar vaksinasi massal di Tempat Pelelangan Ikan Pelabuhan Perikanan Nusantara (TPI PPN) Palabuhanratu.

"Untuk pelaksanaan vaksinasi di TPI target utamanya adalah nelayan, tetapi masyarakat lain yang ingin menjalani vaksinasi tetap kami berikan pelayanan baik pengunjung, pedagang ikan dan lainnya," kata Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah di Sukabumi, Kamis.

Menurut Dedy, di TPI PPN Palabuhanratu ini pihaknya menyediakan 200 dosis vaksin COVID-19. Untuk menarik minat warga yang hadir untuk menjadi peserta vaksinasi pihaknya pun menyediakan paket sembilan bahan pokok (sembako).

Baca juga: Polres Sukabumi Kota jemput bola beri layanan vaksinasi COVID-19
Baca juga: TNI AL tak mengendurkan pelayanan vaksinasi untuk warga pesisir

Sehingga, warga yang telah divaksinasi, pulangnya diberikan bingkisan paket sembako dan ternyata cara seperti ini cukup menarik minat masyarakat yang ingin menjadi peserta. Tentynya, tujuan dari vaksinasi tersebut selain untuk membantu pemerintah dalam mempercepat proses vaksinasi kepada masyarakat, tetapi yang paling utama kekebalan kelompok atau herd immunity bisa segera terbentuk untuk memutus mata rantai penyebaran virus mematikan ini.

Selain di TPI PPN Palabuhanratu, kegiatan vaksinasi ini digelar secara serempak di sejumlah titik di wilayah hukum Polres Sukabumi dengan target peserta sebanyak 15 ribu jiwa. Dalam pelaksanaannya pihaknya menerjunkan tim kesehatan Polres Sukabumi yang dibantu tenaga kesehatan dari dinas kesehatan maupun puskesmas serta unsur lainnya.

"Gerai vaksin ini akan terus dibuka sampai kekebalan kelompok bisa terbentuk di masyarakat, sekaligus membantu Pemkab Sukabumi dalam memenuhi targetnya yakni 70 persen sasaran sudah tervaksinasi hingga akhir Desember 2021," tambahnya.

Baca juga: Bantuan paket sembako upaya Pemkab Sukabumi tarik warga ikut vaksinasi

Di sisi lain, gerai vaksin ini pun juga dibuka secara umum bagi wisatawan atau pengunjung yang datang ke objek wisata Palabuhanratu dan sekitar dan diimbau bagi yang belum menjalani vaksin untuk memanfaatkan program ini, di gerai tersebut pihaknya melayani vaksinasi dosis pertama dan kedua. 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021