Komisi I DPRD Kota Bogor berkomitmen terus mengawasi penerapan sistem layanan tanpa turun (drive thru)  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk memastikan berjalan baik. 
 
Ketua Komisi I DPRD Kota Bogor Anita Primasari Mongan di Kota Bogor, Sabtu, mengatakan proses pengawasan dari anggota dewan dilakukan dengan turun ke lapangan mengecek langsung ke loket pelayanan Disdukcapil sambil memperhatikan alurnya. 
 
"Kami ingin memastikan bahwa Disdukcapil yang dulunya sering dikeluhkan oleh warga soal pelayanan, kini sudah berubah dan menjadi lebih baik. Itu pun terbukti setelah kami turun langsung ke sana," kata Anita. 
 
Ia bersama rombongan anggota dewan yang terdiri atas Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Bogor Fajari Aria Sugiarto serta anggota Komisi I DPRD Kota Bogor Rizal Utami dan Heri Cahyono baru-baru ini telah melaksanakan inspeksi dadakan (sidak) pelayanan tanpa turun Disdukcapil tersebut. 
 
Komisi I ingin memastikan pelayanan di Disdukcapil cepat, mudah, gratis dan ramah kepada masyarakat. 
 
Dewan melihat layanan berjalan dengan baik tanpa antrean panjang di dalam loket. 
 
Mereka juga menyempatkan diri untuk berbincang dengan masyarakat yang sedang mengurus keperluan administrasi kependudukan dan catatan sipil. 
 
Anita mengapresiasi inovasi layanan pembuatan KTP layanan tanpa turun Disdukcapil yang saat ini mampu memberikan kemudahan kepada masyarakat. 
 
"Inovasi drive thru adalah sebuah legacy yang luar biasa untuk siapapun pemimpinnya nanti. Ini sangat memudahkan masyarakat," ujar Anita. 
 
Ia pun menitipkan pesan kepada kepala Disdukcapil Kota Bogor untuk memperhatikan kinerja pegawai agar selalu siap melayani setiap saat. 
 
Selain itu, juga menjaga keamanan dan keakuratan data.

Anita mengingatkan Disdukcapil Kota Bogor menyinergikan data hingga tingkat Kelurahan, RW dan RT agar tidak ada lagi berita tentang kebocoran data. 
 
"Untuk menjamin pelayanan tetap cepat dan mudah harus diperhatikan agar petugas selalu ada. Jika kurang, ataupun pas-pasan atau tugasnya berlebih, khawatir membuat kacau sistem yang sudah baik ini," ujar Anita. 
 
Anita pun berpesan Disdukcapil Kota Bogor tetap konsisten dalam hal pelayanan dan ketersediaan blanko KTP. 
 
"Tetap konsisten dengan pelayanan yang hebat ini dan terus berinovasi untuk semakin memudahkan masyarakat dan membuat masyarakat Kota Bogor semakin bangga," katanya.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021