Tim Panjat Tebing Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Bekasi berhasil lolos babak kualifikasi menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat 2022.

Pada babak kualifikasi di arena panjat tebing Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat pada 27-30 November 2021 lalu, 12 pemanjat Kabupaten Bekasi yang diturunkan berhasil mencapai poin maksimal sehingga dinyatakan lolos dan berhak tampil di ajang empat tahunan provinsi itu.

"Beberapa atlet sudah berhasil meraih poin maksimal. Bahkan unggul dari beberapa atlet yang menjadi andalan dari wilayah lain," kata Pelatih FPTI Kabupaten Bekasi Gunawan di Cikarang, Jumat.

Dia mengaku puas atas capaian babak kualifikasi yang mampu meloloskan seluruh atlet-atletnya secara tim penuh bahkan pada sejumlah nomor, atlet binaannya mampu bersaing di papan atas.

"Kalau semua nomor dipertandingkan di babak kualifikasi ini kami bisa berada di posisi ke dua atau ke tiga. Dua nomor yang tidak dipertandingkan di babak kualifikasi Porporv yakni nomor mix dan combine, di dua nomor itu kita punya kans," katanya.

Babak kualifikasi dijalani tiap cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada Porprov Jawa Barat tahun 2022 mendatang. Wakil ketua Umum Bidang Hukum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bekasi Roy Kamarullah mengatakan babak kualifikasi ini kemungkinan besar selesai di Bulan Desember 2021.

"Sebagian besar dari keseluruhan cabang yang akan kami terjunkan, sudah menjalani babak kualifikasi tapi tidak menutup kemungkinan Januari 2022 masih ada sejumlah cabang lainnya yang akan menjalani babak kualifikasi," katanya.

Porprov Jabar 2022 secara resmi akan mempertandingkan 943 nomor dari 76 cabang olahraga yang telah ditetapkan KONI Jawa Barat. Penetapan jumlah nomor pertandingan dan cabang olahraga itu diumumkan Ketua Umum KONI Jabar Ahmad Saefudin pada Rabu (6/1/2021) di Bandung.

Dalam keterangan tertulis yang disampaikan KONI Jawa Barat Ahmad Saefudin mengatakan penetapan jumlah cabang olahraga dan nomor pertandingan Porprov tahun 2022 dilakukan melalui proses lama melalui usulan, kajian, referensi, dan dasar-dasar yang akan digunakan.

Porprov XIV 2022 nanti, kata dia, akan dihelat di tiga daerah penyelenggara utama yaitu Kabupaten Ciamis, Kabupatan Bandung Barat, dan Kabupaten Subang. Selain itu juga akan digelar di enam wilayah penyangga yaitu Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Pangandaran, Banjar, Karawang, dan Kota Cirebon.

Kabupaten Ciamis yang menggantikan posisi Kota Tasikmalaya akan menggelar sembilan cabang olahraga (cabor) plus pembukaan dan penutupan. Kabupaten Subang 16 cabang olahraga, dan Kabupaten Bandung Barat menggelar 21 cabang olahraga.

Kemudian Kabupaten Garut sebanyak 10 cabang olahraga, Kabupaten Tasikmalaya tiga cabang olahraga, Pangandaran lima cabng olahraga, Banjar dua cabang olahraga, Karawang satu cabang olahraga, dan Kota Cirebon enam cabang olahraga.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021