Bogor, (Antara Megapolitan) - Delegasi Kota Bogor menjadi juara pertama dalam Festival Kaulinan Urang Lembur tingkat Jawa Barat yang diikuti 14 kota dan kabupaten, di Aula Timur Kampus ITB.

"Delegasi Kota Bogor berhasil meraih juara pertamat, mengalahkan Kabupaten Bandung di peringkat kedua dan Kota Bandung di peringkat ketiga," kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Bogor Shahlan Rasyidi, di Bogor, Kamis.

Shahlan menyebutkan, Festival Kaulinan Urang Lembur merupakan salah satu program pelestarian kebudayaan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat baik tingkat provinsi maupun tingkat kota dan kabupaten. Festival ini menampilkan beragam permainan tradisional dari Tanah Sunda.

"Pelestarian budaya ini bertujuan agar kesenian dan kebudayaan yang kita miliki bisa dikenal dan dicintai oleh generasi muda bangsa," katanya.

Dikatakannya, Festival Kaulinan Urang Lembur selain menggelar lomba permainan tradisional juga diajarkan pendidikan secara nonformal yang disejajarkan dengan voli, renang dan cabang olahraga lainnya.

"Kaulinan Urang Lembur ini termasuk olahraga," katanya.

Shahlan mengatakan, sebelumnya Festival Kaulinan Urang Lembur diselenggarakan di masing-masing tingkat kota dan kabupaten. Untuk Kota Bogor dilaksanakan pada 6-7 Oktober. Pemenang festival tingkat kota dikirim ke tingkat provinsi.

"Ada 14 kabupaten kota se Jawa Barat yang ikut bagian dalam kegiatan ini. Delegasi Kota Bogor sudah unggul sejak hari pertama festival digelar," katanya.

Berbeda dari tahun sebelumnya, lanjut Shahlan, Festival Kaulinan Urang Lembur tahun ini diselenggarakan di atas panggung, tidak seperti sebelumnya di lapangan.

Dengan konsep baru ini seniman dan koreografer dituntut mampu mengolah kaulinan urang lembur di atas pentas.

"Peserta diberikan pembinan olah Sanggar Edas selama dua minggu di bawah naungan Disbudparekraf," katanya.

Shahlan menambahkan, melalui penyelenggaraan Festival Kaulinan Urang Lembar ini diharapkan kedepannya ada konsep baru agar kegiatan pelestarian budaya tersebut berkembang dan tidak monoton.

"Kota Bogor diharapkan mampu mempertahankan prestasi," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Andi Firdaus


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015