Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) membuat dan mengembangkan aplikasi bernama Panda Social Support (Pansos) sebagai forum daring untuk perkenalan mahasiswa baru dengan mahasiswa senior, dalam rangka kegiatan Pembinaan Mahasiswa Baru (PMB) Fasilkom UI 2021.

“Aplikasi ini mampu mencocokkan pengguna yang memiliki minat yang sama dan menjadi sentra informasi serta media penugasan mahasiswa baru selama kegiatan PMB Fasilkom UI 2021,” ujar Ketua Ristek Fasilkom UI Jonathan Filbert dalam keterangannya, Senin.

Aplikasi berbasis web ini dikembangkan oleh mahasiswa yang terhimpun dalam organisasi ekstrakurikuler mahasiswa Fasilkom UI yakni, Ristek.

Pansos dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan artifisial dan model pembelajaran mesin sehingga para pengguna dapat terhubung satu sama lain melalui sistem pencocokan (matchmaking system) berdasarkan minat yang ada di Fasilkom UI.

Baca juga: WR UI: Kolaborasi kunci mencapai riset dan inovasi masa depan berkualitas

Disebutkan bahwa mahasiswa baru dapat mengisi pertanyaan-pertanyaan yang muncul untuk membantu perkenalan antarmahasiswa baru serta mengisi deskripsi dari mahasiswa senior atau kakak angkaatan yang ingin mereka ajak berkenalan.

Ketua PMB Fasilkom UI 2021 Muhammad Naufal Nabiel mengatakan dengan aplikasi Pansos menjadi sebuah solusi bagi mahasiswa baru Fasilkom UI untuk dapat memperluas jaringan pertemanan mereka meskipun saat ini masih dalam masa perkuliahan jarak jauh.

"Pada kondisi ini, para mahasiswa baru belum memiliki kesempatan berkenalan dan bertemu secara langsung dengan teman maupun kakak tingkat di Fasilkom UI," katanya.

Aplikasi Pansos juga dapat dipergunakan oleh pengguna yang memiliki Single Sign On (SSO) aktif serta masih terdaftar sebagai mahasiswa Fasilkom UI.

Baca juga: UI terbaik di Indonesia versi QS Graduate Employability Rangking 2022

Jonathan Filbert menjelaskan langkah-langkah penggunaan Pansos Pertama, setiap pengguna harus masuk (log in) dengan akun SSO, lalu mengisi data diri dan minat, yang selanjutnya akan dicocokkan oleh algoritma dari tim data science Ristek Fasilkom UI.

Dari data dalam aplikasi tersebut, mahasiswa baru Fasilkom UI akan terbagi menjadi dua kelompok yaitu mahasiswa yang memiliki kesamaan peminatan dalam bidang IT dan non-IT.

Langkah kedua, pengguna menuju halaman friends/pansos dan akan melihat daftar mahasiswa dengan minat yang sama dan bisa langsung memberi respons suka (like) pada profil pengguna lainnya dan dapat saling mengisi pertanyaan random di halaman puzzle yang menjadi syarat mengenal satu sama lain.


“Jika pengguna yang disuka sudah memberi like balik, maka di dalam profilnya akan muncul formulir pertanyaan yang bisa diisi," katanya.

Baca juga: Dosen Fakultas Ilmu Komputer UI Dr. Kasiyah mendapat penghargaan dari Perpusnas

Ia menambahkan mahasiswa baru bisa berkenalan dengan kakak angkatan dengan memberi tanda suka dan mengisi deskripsi melalui sesi obrolan (chat). Kakak angkatan dapat memberikan "token" untuk langsung menambahkan diri mereka pada daftar teman mahasiswa baru.

Token tersebut digeneralisasi secara random dan akan kadaluarsa dalam kurun waktu tertentu, kata Jonathan yang juga mahasiswa S1 program studi sistem informasi angkatan 2018.


Selain fitur Pansos, mahasiswa baru dapat melihat kegiatan yang sedang berjalan di PMB Fasilkom UI melalui menu utama dan menu khusus kegiatan (event). Kemudian, melihat kelompok besar mereka di menu utama dan mengunggah tugas yang diberikan oleh panitia PMB Fasilkom UI di halaman tugas terkait.

Mahasiswa dapat melihat informasi mengenai Fasilkom dan UI di halaman tentang Fasilkom/UI yang berisi denah, lirik mars, dan lain-lain.

Dosen Fasilkom UI Dipta Tanaya, S.Kom, M.Kom berharap mahasiswa bisa terus berkolaborasi dan berinovasi menciptakan produk yang bermanfaat dan menjadi solusi bagi permasalahan sehari-hari. Selain itu, bisa terus mengasah kreativitas dan kemampuan mahasiswa dalam mengenali permasalahan yang terjadi di sekitarnya.

Pansos 
diluncurkan pada 7 Agustus lalu, bertepatan dengan rilis tugas mengenal angkatan pada kegiatan PMB Fasilkom UI 2021.

Aplikasi ini disosialisasikan melalui aplikasi Line dan acara internal karena digunakan oleh Mahasiswa Fasilkom UI. Ke depan akan dipublikasikan melalui instagram @pmbfasilkomui.

Baca juga: Mahasiswa vokasi UI raih juara lomba podcast nasional
Baca juga: UI raih penghargaan ajang Anugerah Humas Indonesia bidang pelayanan informasi publik

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021