Pemerintah Kabupaten Subang, Jawa Barat menggandeng sejumlah perusahaan untuk meningkatkan kompetensi calon tenaga kerja (naker) agar bisa lebih siap menghadapi dunia kerja.

"Dengan pelatihan dan penempatan calon tenaga kerja ini akan banyak masyarakat yang dilatih menjadi SDM yang berkompeten dan punya kualifikasi," kata Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi dalam siaran pers yang diterima di Subang, Rabu.

Seiring dengan hal tersebut, para calon naker lokal di Subang akan mampu memenuhi kebutuhan dunia usaha dan mampu bersaing.

Baca juga: Pusat pendidikan dan pelatihan tenaga kerja Bekasi disiapkan jadi BLK terlengkap
Baca juga: Ini Alokasi Kuota Pelatihan Kerja Warga Bekasi

Menurut dia, pelatihan dan penempatan kerja bagi calon naker lokal merupakan prioritas sehingga tidak terjadi kesenjangan ekonomi di lingkungan masyarakat Subang.

Dikatakannya bahwa Pemkab Subang telah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan terkait pelaksanaan kemitraan pelatihan dan penempatan tenaga kerja di wilayah Subang.

Dalam kaitan itu, nota kesepahaman (MoU) telah ditandatangani oleh perwakilan tiap perusahaan dan Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi mewakili Bupati Subang.

Baca juga: 200 Warga Bekasi Peroleh Pelatihan Tenaga Kerja

Kerja sama yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi calon naker lokal itu diharapkan bisa mengatasi pengangguran.

Dilihat dari data statistik, kata Wabup, angka pengangguran di wilayah Subang pada 2020 mengalami kenaikan sekitar 0,8 persen dibandingkan tahun 2019.

Atas kondisi tersebut diharapkan peningkatan kompetensi calon tenaga kerja lokal Subang akan mampu mengatasi angka pengangguran di wilayah Subang, demikian Agus Masykur Rosyadi.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021