Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam Bersama Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis) Kota Batam menyelenggarakan Masa Orientasi Palang Merah Remaja (MOP) pada 14 Agustus lalu untuk mengakomodasi antusiasme para anggota baru secara virtual untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Acara dibuka oleh Ny. Sri Soedarsono selaku Ketua PMI Kota Batam yang menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat menjadi wadah pembelajaran bagi anggota baru untuk mengetahui lebih dalam tentang Palang Merah serta kegiatan seperti SPLASH (School Promoting Learning Achievement through Sanitation and Hygiene) yang sangat relevan untuk mendukung penanggulangan COVID-19.

Baca juga: PMI dukung pemerintah dengan gelar vaksinasi massal di Kabupaten Pasuruan

Forpis secara aktif melakukan promosi ke berbagai sekolah untuk dapat memberikan informasi terkait kegiatan ini sebagai upaya dalam mendapatkan anggota baru.

Lebih dari 900 peserta hadir secara daring ialah pembina, pembimbing, serta calon anggota PMR dari SMA/SMK dan 13 SMP di Kota Batam mendapatkan informasi terkait 7 prinsip dasar gerakan palang merah, Tri Bhakti PMR, Mars PMI, dan standardisasi pengenalan kegiatan PMR.

“Walaupun harus mengikuti kegiatan ini secara virtual, namun semangat untuk terus belajar dan bersosialisasi harus selalu terjaga karena kedua hal tersebut tidak terbatas oleh ruang dan waktu,” ujar Asni Haryati selaku Staf PMR dan Relawan PMI Kota Batam karena kegiatan yang Palang Merah tidak hanya fokus pada donor darah.

Baca juga: Palang Merah Indonesia distribusikan bantuan oksigen di Jawa Tengah

Bergabung menjadi PMR akan memberi pembekalan karakter agar dapat memberi dampak berarti di masyarakat.

Walau kegiatan dilakukan secara daring, antusiasme peserta tetap dapat dirasakan melalui kuis dan kegiatan interaktif lainnya.

“Virtual MOP-nya seru banget! Kakak-kakaknya ramah dan santai saat menyampaikan materi. Terus ada games-nya gitu jadi tambah asik, sih,” ujar Maria dari SMAN 5 Batam saat dimintai kesan pesan.

Baca juga: Palang Merah Indonesia ajak pasien COVID-19 tetap aktif

Kegiatan ini merupakan bentuk upaya Palang Merah Indonesia untuk menumbuhkan rasa kepedulian kepada anggota baru PMR dengan membekali mereka dengan pembetukan karakter agar dapat menjadi pendidik sebaya di lingkungan sekitarnya.

Pandemi COVID-19 membuat keberadaan PMR menjadi sangat penting untuk membantu kegiatan PMI di daerah tersebut dalam hal edukasi preventif terkait COVID-19 dan hal-hal yang membantu penanggulangan COVID-19.

Pewarta: PMI/Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021