Jakarta,  (Antara Megapolitan) - Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) Kemenkop dan UKM terus memperluas akses pasar dengan peningkatan promosi dan memperluas jaringan pemasaran.

"Perkembangan usaha kecil menengah (UKM) semakin menggeliat pada 2015.Apalagi menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)," kata Direktur Utama LLP-KUKM Ahmad Zabadi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis.

Menurut dia lembaganya akan bekerja sesuai dengan visi dan misi, yakni menjadi institusi profesional berskala internasional di bidang promosi dan pemasaran produk koperasi dan UKM yang mampu menjadikan SMESCO RumahKU (Rumahnya Koperasi dan UKM) sebagai ikon pemberdayaan dan industri kreatif.

"Selain memperluas akses pasar, kami juga akan melakukan peningkatan daya saing produk pengusaha kecil," ujarnya .

Menurut dia, tahun ini justru lembaganya banyak program yang akan terus digenjot. Itu untuk mengoptimalisasi SMESCO sebagai gerbang utama promosi dan pemasaran produk pengusaha kecil hingga meningkatkan daya saing produk tersebut.

Zabadi mengatakan pihaknya terus melakukan terobosan. Salah satunya membuka kerja sama dengan ritel modern agar mau membantu memasarkan produk unggulan pengusah kecil.

"Jadi, keberadaan produk pengusaha kecil bukan sekadar hanya dijual di pinggir jalan saja. Tapi, harus sudah masuk ke outlet ritel modern," jelasnya.

Ia mengatakan sudah menjalin kerja sama dengan perusahaan yang mengelola ritel modern dan berharap produk yang dihasilkanbinaannya harus berani bersaing dalam pemasaran dan promosi secara global.

"Jadi, saya meminta kemasan dan kualitas produk-produk penguasha kecil diperbaiki lagi. Setelah itu, tinggal menghubungi lembaganya untuk teknis bimbingan pemasaran dan promosi," katanya.

Menurut Zabadi, LLP-KUKM Kemenkop dan UKM sebagai pengelola SMESCO RumahKU akan meningkatkan kelas Galeri SMESCO dengan mendirikan Galeri Indonesia WOW.

Jadi galeri itu nanti akan menjadi pentas MEA dan progres kinerja LLP-KUKM yang terus membina hingga membantu memasarkan produk-produk unggulan atau kreatif.

Tak hanya itu, kata dia, pihaknya bersama tim akan terus melakukan pengembangan fungsi LLP-KUKM Kemenkop UKM sebagai rumah pemasaran terpadu (trading house).

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015