Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mulai melakukan donor plasma konvalesen di Unit Donor Darah PMI setempat.

"Sudah ada beberapa pendonor darah plasma konvalesen, dan kegiatan donor plasma konvalesen itu berjalan lancar," kata Ketua PMI Purwakarta Lalam Martakusumah, di Purwakarta, Senin.

Ia menjelaskan donor plasma konvalesen merupakan salah satu metode imunisasi pasif yang dilakukan dengan memberikan plasma orang yang telah sembuh dari COVID-19 kepada pasien COVID-19 yang sedang dirawat, bertujuan sebagai terapi tambahan COVID-19.

Baca juga: Jusuf Kalla: Jakarta butuh 500 donor plasma konvalesen per hari
Baca juga: PMI: Peserta donor konvalesen harus penuhi persyaratan

Menurut dia, segala upaya akan ditempuh PMI Purwakarta untuk membantu penanganan dan penyembuhan bagi para pasien COVID-19, yakni dengan plasma konvalesen.

"Kami berharap dengan melakukan tranfusi plasma konvalesen para pasien yang terpapar COVID-19 bisa disembuhkan," katanya.

Baca juga: Direksi BNI ikut berkontribusi donorkan plasma konvalesen dukung program Plasma BUMN

Sementara itu, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika berharap agar warga Purwakarta yang pernah terpapar COVID-19 dengan gejala sedang sampai berat bersedia menjadi pendonor plasma konvalesen.

"Plasma konvalesen dibutuhkan saudara-saudara kita yang saat ini sedang berjuang untuk sembuh dari COVID-19," katanya. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021