Lembaga Pemasyarakatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat membagikan sejumlah paket sembako "Kumham Peduli, Kumham Berbagi" kepada warga sekitar lapas yang terdampak pandemi COVID-19, Jumat.

"Bakti sosial 'Kumham Peduli, Kumham Berbagi' sebagai wujud dan salah satu upaya pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19," ungkap Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Sudjonggo dalam kegiatan bakti sosial bertajuk “Kumham Peduli, Kumham Berbagi” secara virtual dipantau di Cibinong, Jumat.

Baca juga: Bupati Bogor terima 300 paket sembako bantuan pandemi

Ia menyebutkan bahwa bakti sosial tersebut bentuk kepedulian dan keseriusan Kemenkum HAM RI dalam menuntaskan pandemi, mengingat pandemi saat ini telah memasuki tahun kedua.

Dia mengatakan alokasi bantuan untuk setiap kantor wilayah dalam bakti sosial ini senilai Rp100.000.000 yang disalurkan dalam bentuk 650 paket sembako bagi warga terdampak.

"Khusus di lingkungan Kanwil Kumham Jawa Barat, sebanyak 4.700 paket dan jumlahnya akan terus bertambah. Karena kita juga bekerja sama dengan para donatur dari Ikatan Notaris Indonesia," kata Sudjonggo.

Baca juga: DPRD Bogor relakan anggaran kunker dialihkan untuk bansos terdampak pandemi

Ia berharap, seluruh jajaran di UPT se-Jawa Barat dapat melakukan koordinasi dan komunikasi dengan instansi lain yang terkait agar bantuan sosial berjalan dengan baik dan tepat sasaran kepada masyarakat dan ASN Kemenkum HAM yang terdampak COVID-19.

"Semoga dengan bakti sosial ini, pandemi berangsur cepat berlalu, bantuan ini diharapkan dapat membantu mengurangi beban masyarakat yang terdampak, walaupun tidak seluruhnya memenuhi keinginan," tuturnya.

Baca juga: DPRD Bogor urunan 60 ton beras untuk warga terdampak PPKM darurat

Pelaksanaan Bakti Sosial "Kumham Peduli, Kumham Berbagi" secara serentak pada 29 Juli 2021 di tingkat pusat, lapangan upacara kantor Kemenkum HAM dan lokasi titik sasaran Jabodetabek, serta di tingkat wilayah, yaitu di kantor wilayah dan wilayah perbatasan negara.

Hadir secara virtual dalam kegiatan ini kepala kantor wilayah, Sudjonggo, bersama Kalapas Cibinong, Lapas Bogor, Lapas Khusus Sentul, Lapas Khusus Gunung Sindur, Lapas Narkotika Gunung Sindur, dan Rutan Depok.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021