Sukabumi, (Antara Megapolitan) - Kantor Pos Sukabumi, Jawa Barat ingin membudayakan kembali mengirim surat atau surat menyurat, di tengah semakin canggihnya alat komunikasi seperti handphone atau gadget lainnya.

"Sebenarnya sampai saat ini masih cukup banyak warga yang mengirim surat, seperti mengirim surat ucapan Hari Raya Idul Fitri dan momen Ramadhan dan lebaran ini akan kami memanfaatkan untuk menggugah kembali kebudayaan surat menyurat ini," kata Kepala Kantor Pos Sukabumi, Eri Ruswandi di Sukabumi, Sabtu.

Untuk menarik perhatian warga khususnya kalangan pelajar, mahasiswa dan anak-anak yang mungkin sudah tidak terbiasa surat menyurat atau mengirim ucapan lewat tulisan, pihaknya sudah menyiapkan berbagai pelayanan seperti menyediakan kartu ucapan dan prangko prisma yang harganya sangat terjangkau.

Menurutnya, setiap warga yang ingin menyurati baik orang yang dicintainya, keluarga maupun sahabat, pihaknya bisa mencetak kartu ucapan dan prangkonya dengan foto yang diinginkan. Namun, untuk perkantoran sudah rutin setiap tahunnya mengirim ucapan hari raya besar keagamaan.

"Diharapkan, seluruh elemen masyarakat bisa kembali membudayakan surat menyurat ini walaupun sudah ada alat komunikasi yang sangat canggih. Tapi, dengan berkirim surat dipastikan akan mempunyai nilai lebih berbeda hanya dengan mengirim pesan pendek atau SMS atau Blackberry Messenger, email, tweeter, instagram dan media sosial lainnya," tambahnya.

Sementara, Manager Pemasaran Kantor Pos Sukabumi, Firmansyah ada berbagai layanan untuk mengirim surat, mulai dari door to door hingga antarprovinsi maupun internasional. Mengirim ucapan selama melalui kartu ucapan memang saat ini sudah jarang dilirik oleh masyarakat, hanya momen-momen tertentu saja seperti perayaan hari besar keagamaan.

"Untuk itu kami juga menggandeng berbagai pihak agar surat menyurat tidak kalah pentingnya dengan cara mengirim pesan melalui telepon seluler ataupun internet," katanya.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015