Sukabumi, (Antara Megapolitan) - Kiriman uang luar negeri atau remiten dari tenaga kerja Indonesia melalui jasa Western Union Kantor Pos Sukabumi pada Juni 2015 sudah mencapai Rp57 miliar dan 13.800 transaksi.

"Nominal tersebut dipastikan akan terus bertambah dan puncaknya diperkirakan mulai H-7 Idul Fitri 1436 H," kata Kepala Kantor Pos Sukabumi, Eri Suwanda di Sukabumi, Rabu.

Menurutnya, mayroritas kiriman uang luar negeri tersebut berasal dari negara-negara penerima dan banyak TKI yang bekerja seperti Arab Saudi, Abu Dhabi, Malaysia dan lain-lain. Dipekirakan, mendekati lebaran remiten akan terus melonjak hingga dua kali lipat, karena nominal uang yang dikirim tersebut untuk kebutuhan lebaran keluarganya yang ada di Sukabumi.

Selain itu, agar tidak terjadi penumpukan keluarga TKI yang mengambil uangnya itu pihaknya membuka seluruh loket transaksi di Kantor Pos Sukabumi dan dalam mengambil uangnya itu tidak ada potongan sama sekali. Dari perhitungan Kantor Pos, setiap bulannya kiriman uang itu naik sekitar 15 persen, bahkan di bulan-bulan tertentu seperti menjelang Ramadhan maupun Idul Fitri, Natal dan Tahun baru remiten meningkat hingga dua kali lipat.

"Kami membuka pelayanan pengambilan uang kiriman dari luar negeri hingga H-2 lebaran dan akan buka kembali setelah libur lebaran, sehingga kami mengimbau kepada warga agar bisa mengambil pada H-3 lebaran," tambahnya.

Selain remiten, kiriman uang dalam negeri juga meningkat mendekati lebaran ini, sejak Juni uang yang dikirim melalui jasa Kantor Pos Sukabumi ini mencapai Rp13 miliar dari sekitar 10 ribu transaksi. Kiriman uang tersebut mayoritas berasal dari provinsi di Pulau Jawa dan provinsi lainnya seperti Sulawesi, Sumatera dan Papua.

"Semakin meningkatkan warga yang menggunakan jasa kami, ini membuktikan pelayanan yang kami berikan lebih mudah, murah, aman dan tidak ada potongan serta terjaga kondisi barangnya," kata Eri.

Sementara, salah seorang keluarga TKI, Andriansyah mengatakan untuk tahun ini keluarganya yang bekerja di Abu Dhabi mengirim uang sebesar Rp3 juta untuk kebutuhan lebaran. Rencananya uang itu selain untuk lebaran juga akan diguunakan untuk kepetingan anak-anaknya yang ada di Sukabumi.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015