Depok, 20/4 (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengirimkan 42 peserta Kota Depok dalam Lomba MTQ ke- 32 Tingkat Provinsi Jawa Barat di Kabupaten Karawang dari tanggal 21-27 April 2012.

Pelepasan Kafilah Kota Depok pada MTQ 32 Tingkat Provinsi Jawa Barat dilakukan oleh Wakil Wali kota Depok Idris Abdul Shomad di Balaikota, Jumat.

Acara Pelepasan ini dihadiri oleh Wakil Walikota Depok KH. Idris Abdul Somad, Sekretaris Daerah Etty Suryahati, Kepala Kementerian Agama Kota Depok H. Nur Muhammad, Perwakilan Muspida, Para Kepala Organisasi Perangkat daerah (OPD), Para Peserta MTQ Kota Depok yang akan mewakili ke MTQ Jawa Barat, Pembimbing /Pelatih MTQ, dan lainnya.

Ketua Lembaga Pengembangan Musabaqoh Tilawatil Qur`an Kota Depok Kota Depok H. Sayid Cholid mengatakan Kota Depok mengirimkan sebanyak 42 Peserta dalam beberapa cabang penilaian.

"Tujuan mengikuti lomba ini adalah untuk memacu, dan memicu membaca Al-quran kepada seluruh masyarakat khususnya Kota Depok dan masyarakat Jawa Barat secara umum," ujarnya.

Selain itu katanya juga untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, dan meningkatkan kemampuan peserta terbaik Kota Depok agar mampu mewakili Kota Depok di MTQ 32 Tingkat Jawa Barat bahkan ke tingkat nasional.

"Kami berharap para peserta mampu mengukir prestasi agar dapat mengharumkan nama Kota Depok," ujarnya.

Sedangkan Kepala Kementerian Agama Kota Depok dalam sambutannya menyampaikan bahwa para pembimbing agar mendampingi dan memberi semangat para peserta agar tercapainya sebuah rasa aman, sehingga mampu meningkatkan rasa percaya diri para Peserta. 

Ia mengatakn satu hal yang ditekankan oleh Kepala kementerian Agama Kota Depok adalah belajar dari pengalaman tahun sebelumnya, bahwa Peserta MTQ adalah wajib yang ber-KTP Depok.
Sehingga katanya tidak menimbulkan masalah ketika akan bertanding mewakili Kota Depok di Tingkat Provinsi, seperti dianulirnya peserta.

"Saya berharap Kota Depok dapat menjadi juara pada MTQ ke-32 Tingkat Jawa Barat," katanya.
Sementara itu Wakil Walikota Depok Idris Abdul Somad memberikan apresiasinya kepada para peserta dan panitia penyelenggara yang ikut berpartisipasi dalam pengiriman peserta Kota Depok ke ajang MTQ ke- 32 T.K Jawa Barat.

"Ajang MTQ ini bukan merupakan sebuah perlombaan yang bersifat persaingan, tetapi membuktikan bahwa Musabaqoh Tilawatil Qur`an membuktikan bahwa ada mukjizat, yaitu Allah SWT tetap memelihara Al-Quran hingga akhir hayat," jelasnya. 

Mantan ketua MUI tersebut mengatakan sebuah bukti nyata bahwa Al-Quran tetap terpelihara. Para Peserta yang mewakili ke ajang MTQ T.K Jawa Barat bukan hanya sekedar Duta Kota Depok tetapi merupakan duta agama Islam yang dipilih oleh Allah SWT.

"Disamping meningkatkan prestasi, dapat meningkatkan interaksi Kita dengan Al-Qur`an, dan men`siarkan Al-Qur`an melalui dan tafsir, terjemah,“ tuturnya.

Ia berharap para peserta dari Depok bisa memberikan yang terbaik untuk Kota Depok dengan menunjukan prestasi yang gemilang, dan berlombalah dengan kejujuran hati dan senantiasa berdoa kepada Allah SWT.

 

Feru Lantara 

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012