Bandarlampung (Antara Megapolitan) - Sujud syukur disertai cucuran dan linangan air mata dilanjutkan shalat Asyar berjamaah turut mewarnai pengumuman kelulusan para siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Bandarlampung, Provinsi Lampung, Rabu petang.

Pengumuman kelulusan siswa SMP dan sederajat itu berlangsung secara serempak di sekolah masing-masing, mulai pukul 14.00, dan ada pula yang dimulai pukul 15.00 WIB.

Suasana pengumuman kelulusan di SMP itu antara lain berlangsung di SMP Negeri 1 Kota Bandarlampung, dipimpin oleh Kepala Sekolahnya Drs H Haryanto MSc, didampingi para wali kelas, anggota dewan guru, dan pengurus Komite Sekolah.

Suasana tangis dan haru mewarnai suasana pengumuman bagi sebanyak 200 siswa/siswi yang pernah melaksanakan program Rintisan Sekolah Berbasis Internasional (RSBI) itu.

Menurut Haryanto, didampingi Ketua Komite Sekolah SMPN 1 Mirwan Karim, pihaknya sengaja mengemas acara pengumuman kelulusan SMP di sekolahnya dengan kegiatan yang positif, agar anak-anak tidak melakukan kegiatan hura-hura atau kegiatan negatif lainnya di luar sekolah, seperti aksi konvoi kendaraan bermotor di jalan raya dan corat-coret seragam sekolah.

Karena itu, kata Haryanto lebih lanjut, sebelum pengumuman, para siswa dikumpulkan di satu ruangan, lalu diberi pengarahan,  dilanjutkan dibagikan amplop berisi pengumuman yang isinya menerangkan siswa yang bersangkutan lulus atau tidak lulus, yang ditujukan kepada orang tua.

Setelah amplop pengumuman dibagikan oleh masing-masing wali kelas kepada siswa/siswi yang duduk berbaris rapih, siswa diperkenankan membuka amplop, dan di sanalah para siswa berteriak histeris, lalu sujud syukur bersama, dan yang muslim dilanjutkan dengan shalat Asyar berjamaah.
 
Lulus 100 persen

Kepala SMP Negeri 1 Bandarlampung, Haryanto, didampingi Guru bidang kesiswaan, Asep, menjelaskan setelah pengumuman kelulusan, para siswa yang telah dinyatakan lulus itu langsung masuk ke ruang kelas masing-masing untuk melakukan sidik jari Surat Keterangan Hasil Ujian Negara (SKHUN).

Setelah itu dilanjutkan dengan gladi bersih untuk persiapan perpisahan di sekolah yang akan dilangsungkan hari Sabtu 13 Juni 2015.

Menurut Haryanto, pada akhir tahun pelajaran 2014/2015 ini sekolahnya meluluskan sebanyak 200 siswa/siswi, terdiri atas 75 putra dan 125 putri.

Pada Tahun Pelajaran 2014/2015 ini, SMP Negeri 1 Bandarlampung memiliki 811 siswa, terdidi atas 350 putra dan 461 putri.

Jumlah itu secara rinci terdiri atas kelas VII sebanyak 296 siswa (139 putra dan 157 putri), lalu kelas VIII 315 siswa (136 putra dan 179 putri), dan kelas IX sebanyak 200 siswa (75 putra dan 125 putri).

Haryanto mengharapkan para siswa, orang tua/wali murid dan pengurus Komite Sekolah dapat hadir pada acara perpisahan, yang dinilainya cukup penting untuk mengembalikan para siswa kelas IX kepada para orang tua dan wali muridnya pada Sabtu 13 Juni 2015.

Pewarta: M.Tohamaksun

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015