Bekasi, (Antara Megapolitan) - Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Jawa Barat, akan memulai proses Penerimaan Peserta Didik Baru online angkatan 2015-2016 pada 26 Juni hingga 4 Juli 2015.

"PPDB kali ini kita lakukan dalam dua tahapan. Tahap pertama untuk penerimaan secara reguler dan tahap kedua untuk mengakomodir calon siswa di sekitar lingkungan sekolah," kata Kepala Bina Program Disdik Kota Bekasi Agus Enap di Bekasi, Jumat.

Menurut dia, tahap awal akan dibuka mulai 26-30 Juni 2015 di mana seluruh calon siswa untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat mendaftakan diri mereka secara online di bekasi.siap-ppdb.com.

"Ada tiga kali kesempatan untuk melakukan pendaftaran di sekolah negeri berbeda pada jalur reguler, lebih dari tiga pilihan sistem akan otomatis terkunci," katanya.

Namun pihaknya akan kembali memberikan dua kali kesempatan terakhir pada jalur lokal (lingkungan) di tahap kedua mulai 2-4 Juli 2015.

"Pada PPDB kali ini kita masih memberlakukan sistem Personal Indentity Number (PIN) yang berisi identitas siswa dan semua berkas persyaratan yang dibutuhkan, termasuk nilai dan tempat tinggalnya," katanya.

"PIN itu juga berisi nomor induk siswa untuk seleksi domisili. Kalau dia ternyata bukan warga sekitar sekolah, tidak akan diterima oleh sistem," ujarnya.

Terkait radius domisili siswa pada tahap kedua, kata dia, mekanisme itu akan diserahkan kepada pihak kecamatan setempat.

"Pihak sekolah akan menentukan berapa radius penerimaan calon siswanya dengan berkoordinasi dengan kecamatan setempat. Bisa lebih dari satu kecamatan," katanya.

Adapun kuota siswa pada tahap kedua berjumlah 10 persen dari daya tampung sekolah, dan 75 persen untuk tahap pertama serta 5 persen untuk siswa luar kota.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015